Dompet Dhuafa Gencarkan Program ASI Eksklusif untuk Menurunkan Angka Stunting

LAN • Tuesday, 8 Aug 2023 - 19:02 WIB

JAKARTA — Dompet Dhuafa terus menggalakkan program untuk menurunkan angka stunting melalui promosi ASI Eksklusif melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC).

Salah satu aksi terbaru terjadi dalam Pekan ASI Sedunia di Kawasan Sehat RW 011, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan, pada Kamis (3/08). Acara tersebut berlangsung di Aula Posyandu Nusa Indah RT 011 dan dihadiri oleh 30 ibu-ibu yang menyusui dan hamil.

Rita Yulita, S.ST, selaku penanggung jawab acara ini, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan informasi sebanyak mungkin kepada calon ibu dan ibu menyusui.

“Tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan edukasi dan informasi sebanyak-banyaknya kepada calon ibu maupun ibu menyusui”ujar Rita

Rita menambahkan, Ibu-ibu yang berhasil memberikan ASI Eksklusif juga akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat menyusui.

Rangkaian Pekan ASI Sedunia juga dilanjutkan di Kawasan Pos Sehat Kesehatan Ibu dan Anak RW 014, Kelurahan Warakas, Jakarta Utara, pada Senin (7/08/2023). Kali ini, sekitar 45 ibu-ibu yang hamil dan menyusui menjadi penerima manfaat dari kegiatan ini.

Rita Yulita menjelaskan, Kegiatan ini melibatkan edukasi dan kampanye untuk mendorong pemberian ASI eksklusif pada anak usia 0-6 bulan dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. 

"Kami juga menyajikan demonstrasi memasak untuk ibu menyusui dengan menu sehat seperti telur dadar daun kelor, nugget sayuran, dan puding sehat" ujar Rita

"Kegiatan ini juga mendukung upaya menurunkan angka stunting dengan harapan para calon ibu dan ibu menyusui dapat mengaplikasikan menu ini di rumah." tambahnya

Leny, seorang warga Warakas yang menghadiri acara tersebut, mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena kegiatan ini telah menambah pemahaman tentang pentingnya ASI bagi anak saya dan pemenuhan gizi yang cukup untuk menghindari masalah gizi buruk.