Polda Jateng Siapkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Kekeringan di Musim Kemarau

LAN • Monday, 7 Aug 2023 - 11:11 WIB

SEMARANG - Kondisi cuaca kemarau yang berdampak pada kekeringan dan potensi kebakaran lahan, disikapi Polda Jateng dengan melakukan pemetaan daerah yang beresiko kebakaran hutan dan lahan. 

Selain itu Polda Jateng juga menyiapkan berbagai bantuan sosial kemanusiaan bagi warga di daerah yang mengalami kesulitan air atau kekeringan lahan. 

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat memimpin apel pagi di Mapolda setempat meminta seluruh polres memetakan daerah-daerah yang mengalami kesulitan air dan segera menerjunkan bantuan bagi kawasan tersebut.

"Akan digelar berbagai operasi kemanusiaan serta pemberian bantuan sosial untuk warga yang terdampak kekeringan. Segera lakukan pemberian bantuan air bersih untuk masyarakat," kata Kapolda, Senin (7/8).

Kapolda juga menyebut langkah-langkah diatas adalah aksi yang ditunggu masyarakat dan salah satu bentuk cooling system menjelang Pemilu 2024.

Selain itu, dirinya meminta jajaran untuk aktif berkoordinasi dan melakukan aksi nyata untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan.

"Lakukan lapor cepat temu cepat. Begitu ada kejadian kebakaran, kehadiran Polri wajib ada di lokasi. Silahkan berkoordinasi dengan stakeholder yang ada di wilayahnya," tegasnya. (APb)