Pasar Sayur Minggu Pagi di NKJ, Jajakan Minyak Murah Hingga Hasil Tani Organik

FAZ • Sunday, 6 Aug 2023 - 18:21 WIB

Jakarta - Agro eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) yang berlokasi di Pandanpuro, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta kini pada setiap hari Minggu pagi selalu menggelar pasar sayur segar hasil pertanian organik dengan harga terjangkau untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat bagi masyarakat sekitar.

Sayuran yang dihasilkan dari perkebunan organik dan hidroponik Nara Kupu Jogja ini selalu segar setiap hari lantaran pengunjung maupun pembeli dapat memetik langsung sayuran dari kebun tersebut. Disamping itu, hasil kebun Nara Kupu Jogja juga terbukti bebas dari hama sayuran.

Marketing Manager Nara Kupu Jogja, Shelli Moniaga menyampaikan, di pasar sayur itu pihaknya menyediakan promo menarik yaitu tebus murah minyak goreng 1 liter dengan harga Rp10 ribu. Yang lebih penting lagi, kata Shelli, para petani sekitar juga ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut.

"Dengan di adakannya Pasar Sayur setiap minggu pagi ini, kami berharap para pengunjung bisa ikut menikmati betapa menyenangkannya mendapatkan sayur segar yang langsung di panen hari itu juga dari kebun NKJ sendiri dan pertanian sekitar wilayah NKJ," ujar Shelli, Minggu (6/8/2023).

Shelli pun menjelaskan, pupuk yang digunakan di perkebunan Nara Kupu Jogja merupakan pupuk organik cair (POC) dan pupuk kandang olahan sendiri yang dibuat oleh tim ahli dari Nara Kupu Jogja. Sehingga, lanjut Shelli, ia menjamin kualitas sayur organiknya sangat terjaga.

"Sedangkan untuk menghalau hama, tim kebun kami menggunakan tanaman pengalih perhatian seperti bunga matahari, yellow trap (perangkap hama dengan botol berwarna kuning dan dilapisi lem), serta pestisida alami berbahan bawang putih yang dibuat sendiri," jelasnya.

Sebagai informasi, sayur organik adalah sayur yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia apa pun, baik saat proses pemupukan maupun proses penyemprotan hama.

Selain sayuran organik, di Nara Kupu Jogja juga terdapat paket edukasi bercocok tanam yang sangat menyenangkan dan relevan untuk semua kalangan, mulai dari murid sekolah sampai dengan mereka yang tengah mempersiapkan diri untuk beraktivitas pada masa pensiun.

"Kegiatan edukasi bercocok tanam, meliputi teori serta praktek mulai dari menanam sampai dengan panen, baik itu organik maupun hidroponik," katanya.

Di Nara Kupu Jogja juga, pengunjung dapat menikmati jajanan khas yang terdapat di lokasi F&B Tenant seperti Morning Dew, Pecel 57, Mbah Walid, dan Kopi Janji Doang untuk menikmati sarapan atau makan malam dengan harga yang relative terjangkau. Selain itu, pada setiap Minggu pagi, NKJ juga menyelenggarakan senam sehat pukul 08.00 secara gratis.

Shelli pun menegaskan bahwa tidak ada tarif tiket untuk memasuki area Nara Kupu Jogja, alias gratis. Jadi, lanjutnya, semua kalangan bebas untuk bisa menikmati alam yang asri dan segar di tempat tersebut.

"Dengan tempat yang sangat luas dan didukung oleh F&B tenant, NKJ menjadi tempat yang sangat sempurna untuk mengadakan acara besar, seperti gathering, reuni, dan sebagainya dengan konsep yang unik," jelasnya.

Lebih menarik lagi dari Nara Kupu Jogja ini, para pengunjung dapat merasakan sensasi memberi makan rusa secara langsung tanpa sekat apapun. Pengunjung pun bisa memancing, memetik sayur di kebun dan lain-lain.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai Nara Kupu Jogja, silakan menghubungi kami di nomor telpon 08990074798 atau ketuk dm kami di IG @nara_kupu_jogja," pungkasnya.