Gerak Cepat Pemerintah Atasi Krisis Pangan di Kabupaten Puncak Papua

ANP • Saturday, 5 Aug 2023 - 22:30 WIB

PAPUA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) menyebut saat ini bantuan pangan yang disalurkan oleh pemerintah telah tiba di Bandara Agandugume untuk dibagikan kepada masyarakat yang berada di 3 distrik yakni Agandugume, Lambewi, dan Oneri. 

Total bantuan logistik dan peralatan sebanyak 38,5 ton telah didistribusikan, berupa beras, makanan siap saji, rendang kemasan, susu protein, sembako, tenda pengungsi, genset, tenda gulung, matras, kasur lipat, pakaian dewasa dan anak, serta selimut.

"Tadi saya sudah dapat laporan dari pak pangdam bahwa sudah bisa diturunkan langsung bantuannya di Agandugume tepatnya berada di kawasan Lembah Mauke yang mencakup tiga distrik," Jelasnya saat Wawancara dengan Kompas TV pada Program Sapa Indonesia Malam, Jum'at (4/8/2023).

Menko Muhadjir menjelaskan bahwa terdapat beberapa kendala dalam upaya pendistribusian bantuan di antaranya cuaca yang sangat ekstrim, sulitnya akses, biaya pendistribusian yang sangat tinggi, serta terbatasnya sarana dan prasarana yang memadai.

Kendala lainnya Disamping faktor cuaca, yakni faktor keamanan karena di Agandugume itu belum terdapat polsek maupun koramil sehingga maskapai penerbangan tidak berani untuk landing di daerah Agandugume. 

"Kemarin juga saya sudah berdiskusi langsung dengan aparat keamanan terkait adanya pos permanen pasukan statis di Agandugume untuk mengcover keamanan di lembah ini sekaligus menjamin bahwa penerbangan ke Agandugume aman," Tuturnya. 

Dalam mengantisipasi terjadinya kembali krisis pangan yang dialami oleh masyarakat Papua Khususnya yang berada di Wilayah Kabupaten Puncak. Pemerintah bersiap untuk membangun Lumbung Pangan dimana progresnya saat ini sedang dalam penentuan skala prioritas.

Lumbung pangan ini nantinya berfungsi untuk menampung hasil panen perkebunan masyarakat sekitar serta bantuan-bantuan pangan yang diberikan sehingga dapat mencegah krisis pangan kedepannya. 

"Terkait pembangunan lumbung pangan ini, saya sudah meminta kepada bapak Bupati Puncak untuk membuat skala prioritas daerah mana saja yang harus segera dipercepat pembangunannya," Jelas Muhadjir.