Sandiaga Uno Apresiasi Peresmian Pusat Lembaga Pelatihan Laundryversity

ANP • Friday, 4 Aug 2023 - 15:03 WIB

Jakarta - Setelah  lama menanti, akhirnya Sekolah Laundry LAUNDRYVERSITY resmi diluncurkan,  di Jalan Cilandak KKO, Jakarta Selatan, Selasa (01/08/2023). Peresmian Laundryversity dibuka dengan pemotongan nasi tumpeng oleh  Rektor Laundryversity Akbar Saputra dan disaksikan Mentor Laundry Nasional sekaligus Owner Jourdan Corporation Muhammad Rosul Nawawi.

LAUNDRYVERSITY merupakan sebuah Pusat Pelatihan yang memiliki Visi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia terutama yang berprofesi di bidang usaha bisnis Laundry beserta turunannya dengan mengusung Misi meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Laundry Indonesia yang Giat,Amanah dan Berkualitas.

Mentor Laundry Nasional & Owner Jourdan Corporation  Muhammad Rosul Nawawi, mengatakan masalah SDM Laundry merupakan masalah klasik dalam dunia per-Laundry-an. Dengan menjamurnya outlet-outlet laundry yang bertebaran di seluruh Indonesia Laundryversity dapat menjadi jawaban atas kebutuhan hal tersebut. 

"Mungkin banyak kita dengar training pembukaan outletlaundry untuk Laundry Kiloan, namun jarang bahkan belum ada Sekolah Training Terbuka yang mengajarkan tentang Laundry Satuan Premium beserta Turunannya," kata Rosul, dalam siaran pers.

Launching Laundryversity  dilakukan bersamaan dengan dibukanya “BATCH 1 Kelas TrainingSatuan Premium” yang diikuti oleh peserta dari berbagai pemilik laundry dan karyawan senior dari seluruh Indonesia. 

"Peserta sengaja dibatasi maksimal 20 peserta per batch agar pemberian teori danpraktek berlangsung lebih intensif dan semi privat," tambah Rosul.

Sementara itu dalam tayangan video Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesi Sandiaga Uno menyambut baik dibukanya pusat  lembaga pelatihan Laundryversity, yang diharapkan mampu tumbuh dan berkembang terutama mendukung SDM laundry sebagai  pelaku usaha yang  giat, amanah dan berkualitas.

Sandi berharap  hadirnya  Laundryversity dapat meningkatkan kesejahteraan  dan membuka lapangan kerja yang bergerak dibidang usaha  laundry.

"Yuuk kita sama-sama bekerja keras agar pelatihan ini dapat merata di seluruh Indonesia dan rekan-rekan kita menjadi lebih kompeten di bidang masing-masing," kata Sandi.

Menurut salah satu dosen pengajar Batch 1 ini Jayadi, seorang praktisi satuan premium yang sudah berkecimpung dan berpengalaman selama puluhan tahun, murid akan diajarkan dari pengenalan noda pakaian, pengenalan bahan pakaian, treatment pencucian baik hand wash maupun wet cleaning, bahkan sampai pengepakan dan QC pakaian yang sudah selesai diproses. 

"Murid diwajibkan untuk praktek mengerjakan masing-masing sendiri, tidak cuma hanya menyaksikan saja sehingga lebih dapat merasakan bagaimana tingkat kebersihan setiap tahapan proses laundry dan tingkat kepuasan pelanggan ketika pakaian selesai dicuci," tutur Jayadi.

Selain itu Peserta Batch 1 juga dibekali aplikasi HALLO LAUNDRY, sebuah aplikasi khusus yang diperuntukkan untuk mendukung bisnis per-Laundry-an baik Laundry Kiloan maupun Laundry SatuanPremium. 

Menurut Teguh Septian CEO HalloLaundry.com, aplikasi ini timbul dari keluhan banyak pengusaha laundry yang menginginkan fitur yang lebih kekinian dan persoalan yang timbul karena kekurangan fitur dari aplikasi laundry yang sudah ada.

"Dengan aplikasi Hallo Laundry, seluruh aktivitas laundry dari penerimaan pakaian sampai handling komplain dapat termonitor dan terselesaikan dengan baik. Aplikasi Hallo Laundry telah didukung pula dengan sistem IOT alat kontrol dan monitor mesin laundry yang jarang didapatkan dari aplikasi laundry sejenis," ujar Teguh.

Hadirnya Laundryversity  diharapkan akan muncul SDM laundry yang Giat, Amanah dan Berkualitas. Manusia Indonesia yang berkompeten yang membawa dunia per-Laundry-an Indonesia menjadi naik kelas yakni outlet laundry yang Premium dan berskala Internasional. 

"Sehingga kita berjaya di negeri sendiri dan bahkan diharapkan menambah devisa negara ketika bisa menebarkan sayapnya kenegara-negara lain," pungkas Rosul.