Kemenpora Nilai Program YMHC untuk Tingkatkan Kesehatan Mental Generasi Muda Indonesia

LAN • Thursday, 3 Aug 2023 - 15:06 WIB

Jakarta - Program Youth Mental Health Center (YMHC) resmi diluncurkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan perhatian terhadap kesehatan mental generasi muda Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Plt. Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yohan, dalam acara peluncuran yang digelar di Media Center Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (2/8) siang.

Yohan menyampaikan bahwa populasi anak muda Indonesia, yang berusia antara 16 hingga 30 tahun, mencapai angka 65,82 juta jiwa. Jumlah yang besar ini menarik perhatian pemerintah karena para pemuda ini akan menjadi tonggak kepemimpinan di masa depan, terutama dalam menuju Indonesia emas pada tahun 2045.

"Kita harus mempersiapkan anak muda ini tidak hanya dari segi fisik, kualitas, kepemimpinan, dan kapasitas kapabilitas, tetapi juga harus mempersiapkan kesehatan mental mereka," ujar Yohan.

Program YMHC ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 32 Tahun 2016 tentang Sentra Pemberdayaan Pemuda dan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1 Tahun 2018 tentang Strategi, Capaian, dan Kurikulum Sentra Pemberdayaan Pemuda, sekaligus mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) dalam domain kesehatan.

"Kita tahu di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dengan Prioritas Nasional nomor tiga, pemerintah ingin meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing. Salah satunya adalah ingin meningkatkan kualitas pemuda. Salah satu indikator kesuksesan peningkatan kualitas pemuda dapat dilihat dari nilai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Pada tahun 2024, target nilai IPP Indonesia adalah 57,67," jelas Yohan.

YMHC atau Pusat Kesehatan Mental Pemuda (PKMP) dihadirkan sebagai langkah konkret dalam menghadapi tantangan kesehatan mental yang semakin kompleks di kalangan pemuda. Yohan menegaskan bahwa kebijakan ini sejalan dengan konsep inisiasi Kemenpora, yaitu Olah Raga, Olah Rasa, dan Olah Karya, di mana YMHC menjadi bagian dari Olah Rasa.

"Program ini berkomitmen untuk menyebarkan pemahaman tentang pentingnya kesehatan mental dan berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan emosional dan kesehatan mental yang baik bagi masyarakat Indonesia," tutup Yohan.

Dengan diluncurkannya Youth Mental Health Center, diharapkan kesehatan mental generasi muda Indonesia dapat ditingkatkan, sehingga mereka dapat menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing, menjalankan peran kepemimpinan dengan baik, dan membangun Indonesia menuju masa depan yang gemilang.