Menpora RI Dito Ariotedjo Inginkan Youth Mental Health Center Menyebar ke Seluruh Indonesia

LAN • Thursday, 3 Aug 2023 - 15:01 WIB

Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berkeinginan agar program Youth Mental Health Center dapat tersebar ke seluruh daerah di Tanah Air. Langkah ini diharapkan dapat segera diimplementasikan sebagai tindakan konkret dalam memperjuangkan kesehatan mental di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menpora Dito usai meluncurkan program mental health center di Media Center Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (2/8). Saat ini, Menpora Dito mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bandung dan Dispora Jakarta dalam rangka mewujudkan program ini.

"Mental health center ini kan untuk umum. Kita akan uji coba dan sudah berkolaborasi dengan Kota Bandung dan semoga juga tersedia di Jakarta. Nanti akan diaplikasikan ke daerah," ungkap Menpora Dito.

Menpora Dito menjelaskan bahwa peluncuran mental health center ini bertujuan untuk menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya fokus pada kebugaran fisik semata, tetapi juga peduli terhadap kesehatan mental. Menjaga kesehatan mental merupakan hal yang penting karena akan berdampak pada produktivitas individu.

"Kita ingin generasi muda itu secara fisik bugar, dan jiwa raganya juga sehat. Saya rasa nanti Bandung adalah cabang pertama mental health center. Semoga ini bisa teraplikasi dengan baik dan tersebar ke seluruh daerah," jelas Menpora Dito.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yohan. Ia menyatakan bahwa dengan kerja sama lintas sektor dan partisipasi aktif dari pemuda, diharapkan masalah kesehatan mental dapat diatasi dengan lebih efektif.

"Kami memandang perlu untuk dilakukan sosialisasi dan koordinasi serta melakukan uji coba yang salah satunya akan dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat. Semoga ini bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia," tambahnya.

Dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak terkait, diharapkan Youth Mental Health Center dapat menjadi sarana yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mental, terutama di kalangan generasi muda yang merupakan aset penting dalam membangun masa depan bangsa.