FILM The Meg 2: The Trench, Kembali Lebih Besar untuk Fans

LAN • Wednesday, 2 Aug 2023 - 12:14 WIB

Genre: Petualangan

Sutradara: Ben Wheatley

Pemeran: Jason Statham, Wu Jing

Durasi: 2 jam

Distributor: Warner Bros. Pictures

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 2 Agustus 2023

Tempat lahirnya peradaban bagi semua makhluk fantastis, dalam "Meg 2: The Trench", terletak di dasar palung Samudera Pasifik. Dengan kedalaman lebih dari 25.000 kaki atau 7 ribuan meter, lokasi tersebut dihangatkan oleh ventilasi termal. 

Ekosistemnya kompleks dan tertutup dari dunia di atasnya, selama jutaan tahun oleh termoklin, yang menyerupai dasar lautan rata dan berpasir, tetapi sebenarnya merupakan ilusi dari awan hidrogen sulfida yang menutup dunia rahasia.

Penguasa tertingginya tentulah megalodon, yang berarti gigi besar. Hiu dan salah satu ikan terbesar yang pernah ada, dengan berat mencapai 50 ton dan panjang lebih dari 18 meter, membuatnya sekitar tiga kali lebih besar daripada ikan hiu putih besar saat ini. 

Mereka hidup jutaan tahun yang lalu. Diperkirakan kekuatan gigitan Megalodon tiga kali lebih kuat daripada T. Rex, dan dapat dengan mudah menghancurkan sebuah mobil.

Tidak ada kemungkinan Megs bertahan hidup sampai hari ini. Bukti pendukungnya adalah bekas gigitan pada kehidupan laut besar lainnya, dan koleksi ribuan gigi yang menumpuk di dasar laut. 

Beberapa di antaranya diyakini masih ada di laut terdalam, memang tidak ada fakta didukung oleh ilmu pengetahuan. Suhu dingin di kedalaman tersebut tidak akan mendukung spesies air hangat. Namun, mereka tetap hidup di dalam film secara sah dan meyakinkan!

Selain megalodon terbesar yang pernah ada, sineas "Meg 2: The Trench" turut menciptakan sisi prasejarah, dengan menciptakan versi tersendiri tentang predator dari masa purbakala, yang muncul dari bawah termoklin:

Ikan kakap: Terinspirasi oleh dinosaurus yang disebut Koreanosaurus - herbivora yang berjalan merangkak dan memiliki paruh. Karnivora yang perkasa dengan tubuh yang ramping dan berotot, gigi yang tajam, serta nafsu makan yang tak pernah terpuaskan. 

Gurita Besar (Mega-Octopus): makhluk laut yang menimbulkan malapetaka di palung dan kemudian, merepotkan sekaligus mematikan ketika ia menjelajah ke lautan dangkal. 

Makhluk mengerikan tersebut berinteraksi dengan petualang / penyelamat lingkungan Jonas Taylor (Jason Statham) dan kru, yang sudah sangat lihai dengan aksi penyelamatan. 

Setelah bertarung melawan Meg dan hidup untuk menceritakan kisahnya, Jonas kini bergabung dengan pengusaha sekaligus petualang Jiuming Zhang (Wu Jing), untuk memimpin tim peneliti dalam sebuah penyelaman eksplorasi ke palung laut (the trench).

Namun, perjalanan mereka berubah menjadi celaka ketika sebuah operasi penambangan ilegal, memaksa mereka terlibat dalam pertempuran dengan taruhan tinggi untuk bertahan hidup. 

Selebihnya, tontonan imajinatif menyenangkan ini mengikuti jejak film-film hiu pendahulunya. Penonton diajak mengikuti adegan demi adegan pemicu adrenalin. Menantikan siapa yang akan menyerah, bertahan, tertinggal, enyah dikunyah megalodon. 

"Meg 2: The Trench" siap memanjakan fans-nya, menghadirkan aksi layar lebar dengan gigitan terbesar.