Instalasi Meg 2: The Trench dari Kubus Rubik Dipamerkan di Plaza Senayan

LAN • Wednesday, 2 Aug 2023 - 12:12 WIB

Jakarta – Dalam rangka perilisan film laga petualangan “Meg 2: The Trench” pada tanggal 2 Agustus 2023 di Indonesia, Warner Bros. Pictures Indonesia menggandeng komunitas pecinta kubus rubik, Jakarta Speedcubing, untuk membangun instalasi bertemakan “Meg 2: The Trench” menggunakan kubus rubik, di lantai dasar Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023).  

Instalasi ini memiliki lebar 2,5 meter, panjang 5 meter, dan tinggi 3 meter dan dibuat dengan menggunakan 2.466 buah kubus rubik standar dan 780 buah kubus rubik kecil. 

Atas dasar penilaian tim Asosiasi Rekor Indonesia (ARI) maka ARI, di bawah Yayasan Prestasi dan Rekor Indonesia, menyatakan instalasi kubus rubik “Meg 2: The Trench”, memecahkan rekor Mosaik Kubus Rubik Terbanyak di Indonesia, sekaligus tercatat sebagai rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar dengan bentuk Iregular, pada tanggal 1 Agustus 2023.

“Kami melihat dan mempertimbangkan bahwa instalasi “Meg 2: The Trench” yang terbuat dari kubus rubik ini telah memenuhi syarat untuk memecahkan rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar atas dasar penilaian dan pengukuran kami, di mana rekor ini tercatat sebagai yang terbesar saat ini, jauh mengalahkan rekor Mosaik Kubus Rubik sebelumnya di Indonesia yang menggunakan 1.700 buah Kubus Rubik. Kami, atas nama Asosiasi Rekor Indonesia dengan ini menyatakan instalasi “Meg 2: The Trench” sebagai (lengkapi) pada hari ini, 1 Agustus 2023,” ungkap Halim Sugiarto selaku ketua Asosiasi Rekor Indonesia.

Instalasi “Meg 2: The Trench” ini didesain oleh seorang seniman dan speedcuber, Abel Brata, yang pernah memecahkan beberapa rekor dunia RHR dan rekor Indonesia versi MURI dan World Cube Association. 

Proses perancangan dan pembangunan instalasi. memakan waktu sekitar 1 bulan, dalam proses penyusunan gambar mosaiknya dilakukan oleh para speedcuber terlatih dari komunitas Jakarta Speedcubing selama kurang lebih 22 jam. 

“Kami mengerjakan mulai mengerjakan gambar mosaik instalasi ini pada tanggal 26 Juli dari pukul 12:00 hingga pukul 21:00, dilanjutkan keesokan harinya mulai jam 12:00 siang hingga selesai pada pukul 1 dini hari. Dalam acara seremonial pada tanggal 1 Agustus 2023, 20 orang speedcuber dari Jakarta Speedcubing, termasuk sang founder, Abel Brata, melakukan sentuhan akhir dengan menyusun 100 kubus rubik terakhir bersama-sama. Masing-masing kami memiliki kecepatan memecahkan kubus rubik rata-rata di bawah 15 detik, jadi jika serentak melakukan solving, dapat menyelesaikan 100 buah cube tersebut kurang dari 5 menit”, ucap Yusuf Abdul Qohar, perwakilan dari komunitas Jakarta Speedcubing.

Karena Meg identik dengan besar dan raksasa, maka Warner Bros. Pictures Indonesia memiliki ide untuk membangun instalasi yang menggambarkan daya tarik tersebut.  

Head of Theatrical Marketing Warner Bros. Pictures Indonesia Oscar Prajnaphalla menyatakan, "Kami sangat senang dengan antusiasme dari komunitas kubus rubik dalam membangun instalasi “Meg 2: The Trench” untuk turut membantu kami memecahkan rekor Mosaik Kubus Rubik Terbesar. Kami berharap semoga juga filmnya nanti bisa memecahkan rekor box office.” 

Instalasi mosaik kubus rubik “Meg 2: The Trench” ini dapat dilihat di mal Plaza Senayan dari tanggal 29 Juli hingga 13 Agustus 2023. Instalasi ini bisa digunakan juga sebagai spot foto oleh warga Jakarta.

Film “Meg 2: The Trench” mengambil inspirasi dari Meg atau Megalodon, yakni hiu terbesar yang pernah ada, diperkirakan dengan berat mencapai 50 ton dan panjang lebih dari 60 kaki, menjadikannya sekitar tiga kali lebih besar daripada hiu putih besar saat ini. Mereka hidup antara 23 hingga 3,6 juta tahun yang lalu.

“Meg 2: The Trench” merupakan sekuel dari blockbuster tahun 2018, “The Meg”. Film kedua ini berjanji menjadi pemacu adrenalin pamungkas musim panas ini dan membawa laga aksi ke ketinggian yang lebih tinggi dan bahkan lebih dalam dengan menghadirkan beberapa Meg besar sekaligus dan juga banyak lagi! 

Bintang laga Jason Statham kembali berperan dalam sekuel ini dan didampingi oleh kehadiran ikon aksi global Wu Jing. Mereka berdua akan memimpin tim peneliti yang berani dalam penyelaman eksplorasi ke kedalaman samudra terdalam. 

Perjalanan mereka berubah menjadi kekacauan ketika operasi penambangan jahat mengancam misi mereka dan memaksa mereka ke dalam pertempuran berisiko tinggi untuk bertahan hidup.

Diadu dengan Meg-Meg raksasa dan juga para penjarah lingkungan, para pahlawan kita harus berlari lebih cepat, mengakali, dan mengakali predator tanpa ampun mereka dalam perlombaan yang mendebarkan melawan waktu. 

Benamkan diri Anda dalam pengalaman sinematik paling menggetarkan tahun ini dengan "Meg 2: The Trench" - di mana kedalaman samudra hanya bisa ditandingi oleh ketinggian kegembiraan yang tak terbendung!

Warner Bros. Pictures dan CMC Pictures mempersembahkan "Meg 2: The Trench", dengan Statham dan Jing sebagai pemeran utama. Pemeran lain di antaranya Sophia Cai ("The Meg"), Page Kennedy ("The Meg"), Sergio Peris-Mencheta ("Rambo: Last Blood"), Skyler Samuels ("The Gifted"), dan Cliff Curtis ("Avatar" franchise).

Film ini diproduksi oleh Lorenzo di Bonaventura (“The Meg,” “Bumblebee”) dan Belle Avery (“The Meg,” “Before the Devil Knows You’re Dead”), dan di kursi produser eksekutif ada Jason Statham, Cate Adams, Ruigang Li, Catherine Xujun Ying, Wu Jing, E. Bennett Walsh, Erik Howsam, Gerald R. Molen, dan Randy Greenberg.

Bergabung dengan sutradara Wheatley di belakang kamera adalah direktur fotografi Haris Zambarloukous (“Belfast,” “Murder on the Orient Express”), desainer produksi Chris Lowe (“The Grey Man,” “No Time to Die”) dan editor Jonathan Amos (“Baby Driver,” “Paddington 2”). Pengawas efek visualnya adalah Pete Bebb (“Fantastic Beasts and Where to Find Them,” “Inception”), dan desainer kostumnya adalah Lindsay Pugh (“The Matrix Resurrections,” “Krypton”). Musiknya oleh Harry Gregson-Williams (“The Meg,” “The Martian”).

Film “Meg 2: The Trench” didistribusikan ke seluruh dunia oleh Warner Bros. Pictures dan akan tayang di bioskop-bioskop di Amerika Utara pada 4 Agustus 2023 dan di bioskop-bioskop Indonesia mulai 2 Agustus 2023. 

LSF Indonesia memberikan rating 13+ bagi film “Meg 2: The Trench”.