Transaksi Multilateral Makin Diminati Masyarakat, ICDX Catat Transaksi Tumbuh 67,5%

FAZ • Tuesday, 1 Aug 2023 - 13:28 WIB

Jakarta - Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) mencatat pertumbuhan transaksi multilateral yang signifikan di semester I tahun 2023. Data yang dirilis menunjukkan volume transaksi mencapai 748.275 lot, meningkat 67,5% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Kontrak emas menjadi dominan dengan 456.899 lot.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti Tirta Karma Senjaya menyambut baik pertumbuhan ini dan berencana mendorong pemangku kepentingan di industri perdagangan berjangka komoditi (PBK) untuk meningkatkan transaksi multilateral.

“Tumbuhnya transaksi multilateral di ICDX ini tentunya menjadi hal positif dalam industri perdagangan berjangka komoditi (PBK) di Indonesia. Pertumbuhan ini juga menjadi bukti bahwa transaksi multilateral di industri PBK makin diminati masyarakat. Bappebti kedepan akan terus mendorong para pemangku kepentingan di industri PBK untuk terus meningkatkan volume transaksi multilateral ini. Hal ini karena sejalan dengan khitah-nya PBK, yaitu di transaksi multilateral," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (1/8/2023).

CEO Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Nursalam menyatakan bahwa pertumbuhan transaksi multilateral adalah bukti kepercayaan masyarakat terhadap industri perdagangan berjangka komoditi. ICDX berkomitmen pada inovasi dan edukasi untuk mendorong pertumbuhan transaksi multilateral sebagai alternatif investasi.

“Pertumbuhan transaksi multilateral di ICDX ini tentunya menjadi bukti bahwa ada trust (kepercayaan) masyarakat terhadap industri perdagangan berjangka komoditi. Kedepan ICDX akan terus melakukan inovasi untuk mendorong tumbuhnya transaksi multilateral ini, serta melakukan edukasi berkelanjutan dengan berbagai pihak kepada masyarakat untuk memperkenalkan perdagangan multilateral sebagai alternatif investasi," ungkapnya.

ICDX saat ini menyediakan beberapa produk transaksi multilateral, termasuk Agricultural (CPO dan Olein), Crude Oil, Currency, serta Gold. Produk multilateral GOFX micro yang sedang berjalan diharapkan menjadi pilihan menarik bagi masyarakat golongan muda untuk berinvestasi di perdagangan berjangka komoditi dengan modal yang terjangkau.

Sistem Perdagangan Multilateral di sektor perdagangan berjangka komoditi memungkinkan banyak penjual dan pembeli yang tidak saling mengenal bertemu di dalam bursa dengan semua transaksinya terdaftar otomatis. Transaksi multilateral ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan kalangan bisnis sebagai sarana lindung nilai, referensi harga, dan manajemen risiko.