WorldSkills Asean Singapore 2023, BBPVP Bekasi Raih 4 Medali Emas

AKM • Tuesday, 1 Aug 2023 - 11:14 WIB

Jakarta - Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi Herman Bija menyerahkan penghargaan kepada Expert dan Kompetitor yang ikut ambil bagian sebagai delegasi Indonesia pada ajang 13th WorldSkill ASEAN (WSA) Singapura Tahun 2023. 

Indonesia berhasil menjadi juara umum di ajang kompetisi keterampilan tingkat ASEAN tersebut, dengan menyabet total 27 medali.  Penghargaan ini diberikan setelah 3 Skills Area yang ikut dalam Pemusatan Training Center (TC) di BBPVP Bekasi juga berhasil meraih 5 medali. 

“ini hasil yang sangat memuaskan bahkan gila. karena dari 3 bidang lomba semua  menghasilkan medali emas dan perak dan dikuasia oleh  team indonesia,” ujar Herman Bija, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Herman, hasil ini merupakan dari  semangat dan peatihan tanpa kenal lelah dengan prasarana terbatas.

“Hasil dari semangat dan pelatihan tanpa kenal lelah selama 9 bulan dan media serta peralatan yang terbatas. Work shop atau pelatihan terus dilakukan,”  ungkap Herman.

Herman menjelaskan Kompetitor WSA 2023 dipilih melalui beberapa kali seleksi yang di mulai dari seleksi daerah hingga seleksi nasional.

“Para peserta yang terpilih sebagai kompetitor nasional selanjutnya dilakukan pemusatan keterampilan selama 9 bulan, terhitung mulai bulan November 2022 sampai dengan Juli 2023, tentunya Training Center BBPVP Bekasi telah didukung dengan peralatan pelatihan yang modern dan sesuai dengan kebutuhan kompetisi dan dunia industri saat ini,”’ujarnya.

Dari Total 27 medali yang diraih kompetitor Indonesia di ajang WSA 2023 terdiri dari 14 medali emas, 8 medali perak, 3 medali perunggu dan 2 medallion of excellence (diploma).  Pada WSA 2023 Indonesia mengirimkan 36 kompetitor pada 18 kejuruan dari total 22 kejuruan yang dipertandingkan. Sebanyak 14 medali emas berhasil diraih yang disumbangkan.

“Pencapaian ini merupakan jerih payah para kompetitor (kontestan) dan juga usaha para expert yang telah mempersiapkan kompetitor dengan keterampilan yang terbaik, serta dukungan dari para pimpinan Training Center BBPVP Bekasi,” tuturnya.

Untuk Training Center BBPVP Bekasi dari 3 Skills Area yang diikuti mencapai perolehan hasil yang sangat membanggakan. Total 5 Medali berhasil di borong , Terdiri Dari Skills Area : Tim Industrial Automation Memperoleh 1 Medali Emas, Electronics Memperoleh 1 Medali Emas dan 1 Medali Perak dan Refrigeration & AC memperoleh 2 Emas Serta prestasi yang tak kalah membanggakan adalah BBPVP Bekasi menjadi salah satu Training Center (TC) Terbaik dan mendapatkan penghargaan dari Ibu Menteri Ketenagakerjaan.

BBPVP Bekasi mengucapkan selamat kepada para kompetitor yang telah mendapatkan penghargaan sebagai juara khususnya kompetitor dari Training Center BBPVP Bekasi yang berhasil pada kejuruan: 

1. Electronics 

Angga Satriawan Aldi memperoleh medali emas dan 

Fikhi Akmal memperoleh medali perak

2. Industrial Automation,

Wildan Maulana dan Fauzan Azim Pratama memperoleh medali emas

3. Refrigeration and AC

Dalam kategori ini kompetitor Indonesia mendapatkan penghargaan Double Gold yang diraih oleh Risky Syarif Pamungkas dan M. Sihlahul Mukmin.