Buka Beasiswa Baru, Startup Campus Lanjutkan Kolaborasi dengan Google

AKM • Monday, 31 Jul 2023 - 11:56 WIB

Jakarta- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran pada kelompok usia produktif mencapai 7,99 juta. Di sisi lain, kebutuhan akan talenta siap kerja masih tinggi. 

Startup Campus melihat urgensi untuk membekali kelompok usia produktif dengan kompetensi yang membuat mereka unggul di dunia kerja. Melalui Beasiswa ini, Startup Campus berkolaborasi dengan Google Indonesia untuk memberikan pelatihan daring dengan sertikat resmi, Google Career Certicate (GCC).

Berdiri di tahun 2021, Startup Campus memiliki visi untuk melahirkan jutaan talenta siap kerja yang berkontribusi besar pada perekonomian Indonesia. Hanya dalam waktu 2 tahun, Startup Campus berhasil mencapai pertumbuhan peserta 7 kali lipat dan sudah meluluskan lebih dari 6000 peserta dari berbagai program pelatihannya. 

Startup Campus adalah perusahaan yang berdedikasi tinggi dalam membangun transformasi pendidikan di Indonesia. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan meluncurkan program kolaborasi beasiswa bersama Google Indonesia bernama “Startup Campus Bina Bangsa Bersama Google”.

Dalam kolaborasi pertamanya, beasiswa Startup Campus Bina Bangsa Bersama Google membuka dua pilihan program, yaitu Data Analitik dan UX Design. Disambut dengan antusiasme yang sangat tinggi dari lebih 7000 pendaar, ada 300 pendaar terpilih yang mendapatkan beasiswa ini di angkatan pertamanya.

Pada angkatan kedua sekarang, ada satu pilihan program yang dibuka yaitu Manajemen Proyek (Project Management) dengan kuota yang tersedia sebanyak total 100 slot. Namun, ada sebanyak 50 orang dari total slot yang tersedia akan diberikan untuk peserta Public Bootcamp Startup Campus.

 “Melalui kerjasama bersama Google, cukup dengan mengikuti program bootcamp Startup Campus trek apapun, peserta akan memperoleh akses belajar beasiswa Google dan sertikat profesi resmi dari Google,” ujar Maryati, pendiri sekaligus direktur utama Startup Campus.

Terkait sertikat profesi Manajemen Proyek, Dora Songco menambahkan  tujuan akhir dari program ini adalah agar para peserta program mampu menjalankan proyek secara end-to-end.

“ Dengan  menggunakan artefak dan tools populer seperti analisis manajemen resiko, perencanaan proyek, teknik komunikasi dan lainnya,” tuturnya.

Benet bagi lulusan program GCC termasuk mendapatkan kesempatan mengikuti virtual karir yang diselenggarakan Google Indonesia melalui event Grow with Google Career Fair, dimana ada ratusan perusahaan yang berpartisipasi membuka rekrutmen kerja.

“Tahun ini Grow with Google Career Fair akan berlangsung di bulan Agustus, dimana para peserta binaan StartUp campus yang menyelesaikan program sertikat profesi GCC di angkatan pertama, memiliki kesempatan eksklusif mendapatkan pekerjaan dari 500* lebih posisi yang dibuka oleh para mitra. Tentunya kami nantikan lulusan angkatan kedua untuk mengikuti Career Fair berikutnya” tutur Dora Songco, Product Marketing Manager, Google Indonesia.

Kesempatan untuk dapat mengikuti program sertikat profesi Google lainnya juga terbuka bagi mereka yang berhasil menyelesaikan program ini secara penuh dengan baik.

Startup Campus adalah salah satu mitra terbaik Google Indonesia dalam mendistribusikan sertikat GCC. Persentase peserta Startup Campus yang berhasil menyelesaikan program sertikasi GCC ini mencapai lebih dari 75%.

Pendaaran beasiswa Startup Bina Bangsa Bersama Google yang merupakan kolaborasi antara Startup Campus dan Google Indonesia ini akan dibuka mulai dari 28 Juli - 13 Agustus 2023.