Jojo Runner up Japan Open, Dubes Heri Semangati Tim Indonesia Raih Sukses di Australia Open 2023

MUS • Sunday, 30 Jul 2023 - 21:31 WIB

Tokyo - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi memberikan semangat kepada Jonatan Christie usai dikalahkan pebulu tangkis wakil Denmark Viktor Axelsen di final Japan Open 2023 di Yoyogi Stadium, Jepang pada Minggu, 30 Juli 2023.

"Jojo tetap semangat ya! Perjuangan kamu dan Tim Badminton Indonesia telah membawa harum Merah Putih. Terus semangat dan sukses untuk kejuaraan berikutnya di Australia Open 2023 mendatang," tegas Dubes Heri melalui sambungan panggilan video kepada Jonatan Christie.

Dalam kesempatan itu, Jojo yang didampingi Coach Irwansyah mengucapkan terima kasih kepada Dubes Heri dan Tim KBRI Tokyo atas dukungan yang diberikan.

Hadir langsung di Yoyogi Stadium Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie, Diplomat Muda KBRI Tokyo Mukti Romadona Setianto dan pasukan pendukung Tim Indonesia yang tampak mengenakan atribut merah putih.

Kapten Muhammad Rifqi, pilot Garuda Indonesia yang hadir langsung di Yoyogi Stadium mengaku tetap bangga meski Jojo runner up di partai final Japan Open 2023.

"Demi menyemangati tim Indonesia di Japan Open, saya langsung dari airport menuju ke sini (Yoyogi Stadium). Meski sedih, tapi tetap bangga, Jojo bisa masuk final," terang Rifqi

Jojo yang merupakan satu-satu nya wakil Idonesia di partai final gagal meraih gelar juara setelah ditundukkan unggulan pertama, Viktor Axelsen, 7-21, 18-21. 

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan tidak meraih satu pun gelar di Japan Open 2023.

Sebelumnya, pebulu tangkis tunggal putri Indonesia ranking 8 dunia, Gregoria Mariska Tunjung kandas dari He Bing Jao (Tiongkok) setelah bertarung 60 menit lamanya,  21-13, 19-21 dan 9-21. 

Selain Gregoria, pasangan, Fajar Alfian/Muhammad Rian, juga gagal maju ke final. Ganda putra ranking satu dunia itu menyerah di tangan pasangan China Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin, 19-21, 10-21.