Ratusan Atlet dan Panitia Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championship 2023 Terlindungi Program Jamsostek

MUS • Sunday, 30 Jul 2023 - 12:12 WIB

Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Jakarta Cilincing memberikan perlindungan bagi 827 orang peserta Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championsip 4 yang berlangsung pada 3-5 Juli 2023.

Sebanyak 827 orang tersebut terdiri dari atlet pencak silat, panita dan pengurus cabor. Kejuaraan memperebutkan Piala Kemepora Cup itu berlangsung di GOR Depok, Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

“BPJS Ketenagakerjaan sangat mengapresiasi kepedulian panitia dan atlet terhadap perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, terbukti dengan terdaftarnya seluruh pihak terlibat menjadi peserta,” kata Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Cilincing, Haryani Rotua Melasari, dalam pernyataannya, Sabtu (29/7/2023).

Ani, sapaan akrab Haryani Rotua Melasari, mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen penuh mendukung atlet Indonesia berlaga baik di kancah nasional maupun internasional.

”Harapannya dengan jaminan sosial ketenagakerjaan yang kami berikan, seluruh atlet bisa fokus berlatih dan bertanding, dengan harapan akan menghasilkan prestasi yang optimal dan mengharumkan nama Indonesia,” tegas Ani.

Dalam Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championsip 4 ini, Ani menjelaskan, para peserta memperoleh dua program perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Manfaat utama perlindungan JKK ini berupa perlindungan mulai dari berangkat dari rumah ke tempat bekerja, saat bekerja dan sampai pulang kerumah.

“Apabila terjadi risiko seperti kecelakaan kerja, peserta mendapatkan jaminan pemulihan sampai sembuh berapun kebutuhan biaya medis dan lama perawatan akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ani.

Begitu pula jika kecelakaan kerja sampai meninggal dunia, ahli waris mendapatkan santunan senilai 48 kali upah yang dilaporkan. Jika meninggal bukan kecelakaan kerja, maka ahli waris mendapat Rp42 juta.

Sebagai informasi, Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championsip 4 sendiri mempertandingkan dua kategori, yaitu kategori seni dan kategori tanding.

Dengan atlet yang berasal dari anggota perwakilan perguruan, sekolah, atau klub pencak silat dengan kategori usia dini (5-11 tahun), pra remaja (11-13 tahun), junior (14-17 tahun), dan senior (17 tahun hingga maksimal 45 tahun).