Dirut Bank Muamalat: Kita Hadir untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Manfaat Layanan Perbankan Syariah

LAN • Friday, 28 Jul 2023 - 19:13 WIB

Jakarta – Bank Muamalat Indonesia merupakan bank pertama yang menerapkan konsep syariah. Sejak awal berdiri pada tahun 1991, Bank Muamalat telah berkomitmen untuk menjadi perbankan yang menerapkan konsep-konsep syariah islam. 

Saat ini fokus bisnis Bank Muamalat memprioritaskan pada layanan yang berkaitan dengan Haji dan umroh. Bank Muamalat berkomitmen untuk memaksimalkan layanan dan kemudahan tentang perjalanan ibadah Haji bagi nasabahnya, dan untuk memaksimalkan layanan tersebut Bank Muamalat menghadirkan layanan mobile banking dari Bank Muamalat yaitu Muamalat DIN, beberapa fitur di layanan mobile banking ini telah diperbaiki adanya fitur untuk mendaftar ibadah Haji sampai melunaskan biaya Haji, serta membayar pajak dari aplikasi tersebut.

Indra Falatehan selaku Direktur Utama Bank Muamalat mengatakan, perkembangan segmen nasabah Bank Muamalat kini semakin beragam, dan saat ini adanya partisipasi anak-anak muda yang mendaftar sebagai nasabah. Hal ini tidak terlepas dari program-program yang dimiliki oleh Bank Muamalat yaitu program Haji Muda, dengan program ini anak usia dini bisa mendaftarkan dirinya sejak umur 12 tahun. 

"Haji merupakan ibadah fisik, jika baru berangkat Haji usia 60-an nanti akan kesulitan saat beribadah, maka lebih bagus berangkat di usia muda,” ucap Indra kepada Radio Trijaya FM dalam program The Leader, Jumat (28/07/23). 

Selain berfokus pada sektor perbankan, Bank Muamalat juga berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. Melalui program Dana Pensiun Lembaga Keuangan Syariah (DPLK Syariah), Bank Muamalat memberikan jaminan hari tua kepada para nasabahnya. 

Tidak hanya itu, Bank Muamalat juga mengedukasi kepada masyarakat tentang perbankan syariah dan industri keuangan syariah yang menjadi upaya Bank Muamalat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai manfaat dari produk dan layanan perbankan syariah.

Kini PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama serta memberikan layanan penyaluran gaji dan fasilitas perbankan Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah resmi ditunjuk sebagai Bank Penyalur Gaji berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 50 tanggal 16 Juni 2023. (Deo)