OK OCE Penggerak Seeker Revolution Buka Lapangan Kerja Baru di Desa Karangsari Pemalang

MUS • Friday, 28 Jul 2023 - 18:35 WIB

Jakarta - Gerakan sosial penciptaan lapangan kerja OK OCE yang didirikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, bersama penggerak OK OCE Seeker Revolution yang diketuai Vienkan Bahreyis Khotazan, kembali menggandeng instansi daerah yaitu Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang-Jawa Tengah, untuk memberikan peluang kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam penciptaan lapangan kerja, sesuai amanat yang disampaikan oleh penggagas gerakan tersebut. 

Kegiatan bertema Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Sabun Cuci Piring Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga ini, dihadiri oleh jajaran Pemdes, Kelompok PKK, Mahasiswa, pelaku UMKM dan Masyarakat Desa Karangsari. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari proses pendampingan berdasarkan Kurikulum 7 TOP OK OCE Prima yang dilaksanakan dan terus menjadi program keberlanjutan.  

Zaidatul Mufidah selaku Ketua PKK Desa Karangsari menyampaikan, "Kegiatan ini sangat memberikan manfaat untuk para warga Desa Karangsari, khususnya dapat memberikan peluang usaha baru pada masyarakat, serta merupakan program yang sangat tepat."

Tyna sebagai peserta acara pelatihan juga menyampaikan, pelatihan kewirausahaan ini sangat seru dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. "Pelatihannya sangat seru dan mendorong motivasi kami masyarakat Desa Karangsari untuk bisa membuka usaha baru pembuatan sabun cuci piring ini," kata Tyna.

Vienkan Bahreyis Khotazan selaku CEO Seeker Revolution Organizer menambahkan, program ini tidak hanya memberikan edukasi, akan tetapi praktik langsung dalam membuat produk sabun cuci piring, sehingga peserta dapat langsung mencobanya di rumah, dengan bahan-bahan yang sangat mudah didapat. 

"Kami juga berharap penciptaan lapangan kerja ini akan terus berlanjut sehingga salah satu fokus kami yaitu SDG's point 8 terkait pemberian pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi dapat tercapai nantinya," kata Vienkan.