Erick Thohir: FIFA Minta Rumput JIS Diganti untuk Piala Dunia U-17

LAN • Tuesday, 25 Jul 2023 - 18:45 WIB

Jakarta - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir mengatakan, FIFA minta rumput Jakarta International Stadium (JIS) untuk diganti. Hal ini mengacu kepada penggunaan rumput hybrid untuk Piala Dunia U-17 2023.

"FIFA bakal datang untuk mengecek venue-venue yang hendak digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023" ujar Erick saat konferensi pers pada Selasa (25/7/2023).

Ada delapan stadion yang diusulkan oleh PSSI, dengan enam di antaranya adalah stadion yang sudah disetujui untuk Piala Dunia U-20 2023. 

Salah satu dari dua stadion tambahan yang diusulkan adalah JIS. Namun, kondisi rumput yang digunakan untuk stadion tersebut dicemaskan oleh FIFA.

Erick Thohir menambahkan, FIFA meminta stadion yang menggunakan rumput hybrid untuk diganti. Ia menekankan bahwa yang menjadi prioritas adalah JIS.

“Terkait hasil laporan kondisi JIS, FIFA menyampaikan bahwa perlu dilakukan penggantian rumput beserta pemeliharaannya. Terkait hal tersebut, kami akan follow up, termasuk menerima kunjungan FIFA pada 28 Agustus nanti, yang juga akan mengecek stadion-stadion yang kita usulkan untuk FIFA U-17," ujar Erick 

Erick menjelaskan bahwa PSSI menginginkan kedelapan stadion yang diusulkan untuk memiliki standar yang sesuai dengan FIFA. Jadi, berbagai hal, termasuk rumput, bakal ditingkatkan demi memenuhi standar.

"Tak hanya JIS, kita ingin ada enam hingga delapan stadion yang ada di seluruh Indonesia punya standar sesuai FIFA. Baik rumput maupun standar keamanan, kenyamanan, dan kelayakan untuk memanggungkan laga internasional," tambah Erick. (Hafizh)