Cegah Osteoarthritis Lutut, RS Siloam Lippo Village Perkenalkan Perbaikan Akar Menisksus

AKM • Tuesday, 25 Jul 2023 - 15:54 WIB

Tangerang - RS Siloam Lippo Village memperkenalkan perbaikan akar meniskus untuk semakin melengkapi layanan kesehatan untuk pasien, terutama dalam bidang ortopedi. Metode ini dilakukan secara minimal invasive surgery atau dengan luka sayatan yang sangat minimal bagi pasien.

Perkapuran atau osteoartritis masih sering disalah artikan sebagai penyakit akibat bertambah usia. Mitos tersebut menyebabkan banyak orang pasrah dan mengurangi aktivitas fisik sejalan dengan usia Studi-studi terkini menyimpulkan kebalikan dari mitos tersebut. Osteoarthritis dapat dihentikan perburukannya, dan aktivitas fisik berefek positif untuk perbaikan.

Dalam pemaparannya,  dokter spesialis tulang Rumah Sakit Siloam Vilage, Dr. dr. John C. P. Butarbutar, Sp.OT, K  mengatakan Kasus osteoarthritis di Indonesia saat ini meningkat 2.5 kali lipat dibandingkan tahun 1990 , lebih tinggi dari peningkatan rata-rata dunia yaitu 2 kali lipat. Ini memberi beban tinggi bagi pemerintah dan keluarga karena dapat mengakibatkan kesulitan untuk bekerja , mencari nafkah , maupun beraktivitas sehari-hari

“Osteoarthritis saat ini disepakati lebih menyerupai kondisi gagal organ , sebagaimana kondisi gagal jantung , gagal ginjal dan yang sejenis. Penyebabnya berbagai macam faktor seperti cedera , kegemukan, diabetes, radang kronis, yang karena tidak ditangani , berujung ke gagal sendi,” ujarnya kepada Media, Tangerang, Selasa (25/7).

Menurut Dr. dr. jhon, dalam dekade terakhir, didapatkan satu faktor penyebab penting yang sering terlewatkan yaitu robek meniskus pada akarnya. Sebagian besar pasien yang  harus menjalani operasi penggantian sendi lutut ternyata ditemukan mengalami robekan meniscus yang tidak tertangani. 

“Robek akar meniskus ini  konsekuensinya sama seperti kehilangan  meniskus  total , padahal struktur ini  berfugsi menyangga  sendi lutut dan menanggung beban lebih dari 50 %,” tuturnya.

Cedera akar meniscus ini mudah terlewatkan karena tidak memiliki gejala khas . Biasanya mengenai usia 40 sampai 50 tahunan, dengan keluhan nyeri lutut yang tidak hilang , terutama saat jongkok.

Dulunya, cedera ini hanya ditangani dengan fisioterapi, obat atau pun dengan membuang sebagian dari jaringan meniscus (meniscectomy), namun pengamatan jangka panjang menunjukann hasil tidak memuaskan dan tidak mencegah perburukan perkapuran sendi lutut.

Pilihan tatalaksana terbaik adalah dengan melakukan penjahitan kembali meniskus yang robek dan ditanam kembali ke dalam tulang. Tindakan tersebut dapat dilakukan secara minimal invasif yaitu dengan luka kecil di daerah lutut, menggunakan teropong lensa dan alat khusus , sehingga pemulihan menjadi lebih cepat.

Tindakan ini  memerlukan alat dan keterampilan khusus , sehingga belum rutin  dilakukan.  Namun mengingat komplikasi serius dari penyakit ini , penjahitan kembai akar meniskus yang rusak  akan semakin banyak diperlukan sebagai sebagian pilihan masyarakat untuk mencegah dan menghentikan perburukan untuk mencegah atau menghentikan perkapuran lutut . Tindakan ini sudah tersedia di RS Siloam Lippo Village dengan rekomendasi dari dokter spesialis ortopedi. 

Dalam 26 tahun perjalanannya, RS Siloam Lippo Village menghadirkan beberapa pusat layanan unggulan seperti layanan kardiologi, onkologi, ibu dan anak, klinik In-Vitro Fertilization, termasuk klinik spesialisasi ortopedi. Hingga hari ini, RS Siloam Lippo Village telah melakukan lebih dari 15.000 tindakan ortopedi yang termasuk terapi maupun bedah ortopedi. RS Siloam Lippo Village akan terus melengkapi layanan kesehatan untuk terus melayani kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia.