NEXTfleet Car Roadshow Jawa – Bali 2023 Diberangkatkan Menuju Bali

ANP • Monday, 24 Jul 2023 - 21:01 WIB

JAKARTA - Dalam rangka memperkenalkan NEXTfleet ke masyarakat, mulai 24 Juli 2023 – 24 Agustus 2023 digelar NEXTfleet Car Roadshow Jawa – Bali 2023. Pelepasan armada contoh teknologi NEXTfleet. dilakukan langsung oleh Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah di Gedung KPPTI (Kantor Pusat PT Indosat), Jl. Medan Merdeka Barat No: 21, Jakarta Pusat, Jakarta 10110, Senin (23/7/2023). Armada ini akan berangkat dari Jakarta, melewati beberapa kota dan menuju Surabaya dengan tujuan akhir di Bali dengan tema “UNLOCKING POSSIBILITIES: NEXTfleet Safety and efficiency redefined”

Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah mengatakan, NextFleet adalah solusi manajemen armada End-to-End (E2E) yang revolusioner, yang mengintegrasikan telematik berbasis AI canggih yang dikembangkan oleh Indosat Business. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan menjamin keamanan dalam industri transportasi dan logistik. Fitur terbaru yang ditawarkan oleh NEXTFleet diantaranya:  ADAS, Fuel Tank Safety, dan Smart Route Optimization & Order Management.

"Layanan NEXTfleet juga didukung oleh IoT Connect, connectivity management platform khusus untuk perangkat IoT sehingga memastikan armada NextFleet tetap terhubung dengan stabil selama perjalanan," tegas Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah.

Menurutnya, manfaat NEXTfleet adalah Engine diagnostics, Pola konsumsi bahan bakar dan kondisi mesin kendaraan saat beroperasi dapat terpantau secara efisien dengan adanya statistik; Memastikan Keamanan, Terdapat fitur ADAS (Advaced Driver Assistance Systems) untuk membantu fungsi keselamatan pengemudi, mengurangi kecelakaan, dan meningkatkan keselamatan di jalan.; Real-time monitoring: Posisi dan pergerakan armada kendaraan dapat dilacak secara real-time serta akurat; Efisiensi waktu & biaya: Dapat melacak armada kendaraan dengan geo-fencing, juga dapat melakukan perencanaan rute dan time schecule; Driver behaviour alerts: Notifikasi peringatan perilaku pengemudi mulai dari kecepatan berkendara, menginjak rem secara mendadak, tidak berhati-hati saat di tikungan dan Smart Route Optimization & Order Management, dengan dukungan kekuatan jaringan Indosat Ooredoo Hutchison di seluruh Indonesia, fitur ini memungkinkan fleet manager untuk mengelola pengiriman secara lebih efektif dan efisien dengan optimasi rute berdasarkan AI dan machine learning. Manfaat ini merupakan keunggulan NEXTfleet dibandingkan dengan GPS Tracking atau Fleet Management pada umumnya yang ada di Indonesia.

Muhammad Buldansyah menjelaskan, berdasarkan survey yang dilakukan oleh partner Indosat Business, NEXTfleet memberikan hasil diantaranya meningkatkan Efisiensi hingga 50% dengan memaksimalkan utilitas armada,visibilitas operasional secara menyeluruh dan biaya operasional yang lebih murah.

"Selain itu juga menaikkan produktivitas hingga 50%, menurunkan potensi kecurangan hingga 10%, serta All in One, solusi fleet management," ujarnya.

Ia mengatakan, sistem ini bisa digunakan oleh armada angkutan, logistis agar bisa memantau lebih akurat dan efisien. Menurutnya dengan menggunakan sistem ini maka akan lebih efisien serta yang terpenting adalah aspek keselamatan.

"Mulai awal tahun ini sudah diperkenalkan. Ini untuk armada angkutan dan logistik," katanya.