KOWA Gelar ‘KOWALITAS’ untuk Peringati Hari Anak Nasional 2023: Ajak Anak Berani Bicara Baik

LAN • Monday, 24 Jul 2023 - 16:48 WIB

Jakarta (23/7) - Menyambut peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023, Kelas Olah Wicara Anak (KOWA) mengadakan acara istimewa yang bertajuk "Kelas Olah Wicara Anak - Liburan Tetap Asik (KOWALITAS)" . Acara ini digelar di RPTRA Maya Asri 13, Jakarta, pada Minggu, 23 Juli 2023.

Sebagai platform pendidikan non-formal yang fokus pada kemampuan public speaking anak, KOWA (Kelas Olah Wicara Anak) dengan antusias mendukung Hari Anak Nasional 2023 melalui acara KOWALITAS.

Deandra Mazaya Calysta, yang dikenal dengan nama Dea Ramzie, merupakan seorang penulis buku berjudul "Kisah 4 Putri Kerajaan Elemental". Buku tersebut, mengisahkan petualangan empat putri di Kerajaan Elemental, yang memiliki jiwa pemberani namun juga menghadapi rasa takut saat menghadapi makhluk menyeramkan. 

Dea berhasil menyelesaikan buku ini setelah mengikuti program pelatihan selama empat bulan di KOWA dengan bimbingan Coach Dyah. Bahkan Dea cenderung lebih tertutup dan sulit berinteraksi. Oleh karena itu, pelatihan dari KOWA sangat berguna bagi Rina Yusuf Indrajaya, orang tua Dea, untuk membantu putrinya menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi. 

"Saya juga tidak menyangka Kak Dyah ternyata bisa menggali potensi Dea, yaitu kemampuan menulis. Bahkan sekarang, Dea sudah berani berinteraksi." Ungkapnya.

Founder & Coach KOWA, Dyah Rachmawati Sugiyanto, menegaskan bahwa pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan teknik public speaking kepada Dea sangat berbeda karena kepribadiannya yang cenderung introvert. Coach Dyah memahami minat Dea terhadap permainan daring Gacha dan menggunakan minat tersebut untuk menggali potensi kreatif Dea melalui tulisan.

"Awalnya saya bertanya pada Dea tentang minatnya. Dia menyebut bahwa ia menyukai Game Gacha. Dari situlah, saya mulai menggali lebih dalam” ujar Coach Dyah.

Melalui acara KOWALITAS dalam rangka Hari Anak Nasional 2023, diharapkan semakin banyak anak-anak yang berani berbicara dengan percaya diri, dan kreativitas mereka dapat diapresiasi melalui tulisan yang menginspirasi. Hari Anak Nasional menjadi momen penting bagi pengembangan potensi anak-anak Indonesia agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan kompetitif (DIN).