Caroline Tan, Selebgram yang Jago Foto dan Desain

ANP • Monday, 24 Jul 2023 - 13:46 WIB

JAKARTA - Kalau Anda berkunjung ke akun instagram @songofmarch milik Caroline Tan, Anda pastinya akan menemukan postingan foto-foto menarik dengan nuansa colorful yang unik dan ceria. Obyek yang ditampilkan dalam foto tersebut beragam, tapi sebagian besar merupakan produk makanan dan minuman dari berbagai merek yang mengendorse wanita kelahiran Pontianak, 26 Maret ini. 
Nuansa unik seperti inilah yang mungkin menjadi daya tarik bagi warganet untuk menjadi pengikut akun instagram pemilik sapaan akrab, Carol ini. Tercatat pengikut instagramnya kini mencapai 91.500, bahkan banyak yang berasal dari mancanegara, terutama dari Singapura dan negara-negara di Eropa.
Kata Carol, ia sama sekali tidak pernah menyangka bisa menjadi selebgram seperti sekarang. Awalnya ia hanya senang posting foto apa saja di akun pribadinya. “Tapi karena paling sering saya posting foto makanan dan minuman, akhirnya ada rekan saya yang kasih saran, mending saya sekalian buat akun lain saja yang memang fokus posting foto kuliner. Akhirnya saya buat akun @songofmarch ini di 2016,” ungkap Carol. 
Alasannya memilih desain instagram yang colorful, karena pada dasarnya lulusan Bussiness College dari Sydney, Australia ini mengaku tipikal orang yang ceria. “Saya senang segala sesuatu yang unik, lucu dan colorful. Kalau menemukan barang atau makanan dengan packaging seperti itu, pasti saya posting. Itu yang membuat saya suka memposting barang-barang dari luar negeri, seperti snack, karena memang lucu,” senyumnya mengembang.
Tetap Posting Foto Kurang Tertarik Video
Colorful dan unik memang menjadi ciri khas dari akun instagram Carol. Ia berharap dengan ciri khas tersebut, orang yang melihat postingannya akan merasa terhibur dan bahagia. Selain itu, ia juga ingin begitu postingan fotonya muncul di feed, orang yang melihat akan sadar itu foto itu berasal dari akun @songofmarch, miliknya. 
Memang, berbeda dari content creator lain yang sekarang mulai beralih memposting video, Carol mengaku tidak mau latah mengikuti tren tersebut. Ia tetap fokus hanya memposting foto. Di akun instagramnya hanya ada beberapa postingan video, selebihnya foto yang berasal dari beragam produk yang mengendorse Carol.
Untuk menghasilkan foto-foto indah tersebut, selebgram yang pernah bekerja sama dengan banyak tempat kuliner ternama, di antaranya Kintaro Sushi, The Union Group, Sushi Hiro, Mangkokku, Kopi Kenangan, dan Monsieur Spoon ini mengandalkan kamera Fuji Film X-T3. Sedangkan untuk background fotonya, Carol memadukan dengan teknik digital fotografi. 
Ujar penyuka western food ini, ia sendiri adalah sosok yang perfeksionis. Tak heran baik pengambilan foto, mengedit hasil foto, sampai proses pembuatan caption di postingan instagramnya, semua ia lakukan sendiri. Memang selain sebagai selebgram, Carol juga dikenal sebagai fotografer dan digital creator. “Saya tidak pernah percaya dengan orang lain, apalagi kalau untuk menangani urusan foto barang endorse. Meski ada tiga kru yang membantu saya, tetap semuanya saya handle sendiri,” ungkap Carol sambil mengatakan dalam sebulan minimal ada 25 produk endorse yang ia tangani.
Untuk mereka yang baru mulai melirik untuk mencoba peruntungan di dunia media sosial, seperti instagram, Carol memberikan beberapa tips. “Yang paling penting, harus percaya diri. Kembangkan saja apa yang ada di diri kamu, tapi ingat harus kreatif dan punya ciri khas sendiri. Saran saya, jangan hanya mengikuti arus yang ada, karena kalau seperti itu kita tidak akan menonjol dan hanya menjadi bayang-bayang dari orang lain saja,” kata selebgram yang mengaku kurang tertarik untuk membuat content street food ini.