Persaingan Bisnis AMDK, Garap Saluran Distribusi Menjadi Kunci

MUS • Monday, 24 Jul 2023 - 11:48 WIB

Jakarta - Program corporate social responsibility (CSR) dari Mayora Group berupa pembangunan foodcourt gratis untuk pedagang kaki lima di Kota Bogor berbuah manis. Para pedagang di Foodcourt Sempur mengaku berterima kasih kepada Mayora dan Le Minerale karena sudah dibangunkan tempat berjualan yang bersih dan nyaman sehingga sebagai ungkapan rasa syukurnya mereka mengutamakan berjualan produk Mayora termasuk air minum Le Minerale. 

Di Bogor sendiri, Mayora bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor telah membangun berbagai foodcourt yakni Foodcourt Sempur di Jalan Sempur, foodcourt di Taman Tuyul Jalan Malabar, Foodcourt Bogor Creative Center di Jalan FX Silaban dan foodcourt di Kawasan GOR Pajajaran Bogor.  

Dosen Periklanan Universitas Muhamadiyah Jakarta, Agus Hermanto menilai, merek-merek AMDK baru seperti Le Minerale sangat aktif berkomunikasi alias branding ke berbagai lini sasaran. Tak hanya ke pengguna, tapi Le Minerale aktif menggenjot brandingnya hingga ke berbagai level saluran distribusi. 

Agus memaparkan, dalam strategi branding selain visi, dan misi, perlu juga eksistensi berkomunikasi ke pasar. Sebagai produsen, promosinya pun tak hanya ke masyarakat, tapi juga pasar jaringan distribusi yakni pedagang kecil, besar, wholesaler. Cara ini yang kurang dilakukan AMDK besar pesaing Le Minerale. 

“Karena dia merasa sudah raja, malah jadi kecolongan. Nah kelemahan itu yang dimanfaatkan oleh Le Minerale dengan memberikan insentif yang lebih menarik ke jaringan distribusinya, sehingga mereka lebih tertarik memasarkan Le Minerale,“ jelas Agus. 

Melihat kelemahan pesaingnya, Le Minerale pun aktif berkomunikasi dengan memberikan manfaat lebih ke para distributornya hingga ke level terbawah, para pedagang kaki lima yang menjual langsung air minum ke konsumen. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan di Kota Bogor oleh Mayora, induk Le Minerale yang aktif menggelar program corporate social responsibility (CSR) dengan membangun fasilitas foodcourt untuk UMKM secara cuma-cuma di berbagai lokasi dengan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor. 

Setelah selesai dibangun, foodcourt itu lantas diserahkan secara gratis dan dikelola oleh koperasi pedagang, tanpa biaya pembangunan sama sekali.

Agus menerangkan, CSR membangun foodcourt yang dilakukan Mayora atau Le Minerale sebenarnya strategi lazim dalam marketing public relation, yakni trade promotion. “Dengan program CSR, Mayora atau Le Minerale membangun foodcourt gratis untuk pedagang kaki lima. Sebagai apresiasi timbal balik telah dibuatkan foodcoourt yang nyaman secara gratis, pedagang mengutamakan menjual produk Mayora atau Le Minerale di sana. Itu lazim dan etis, kok. Kalau pesaingnya seperti Aqua mau meniru CSR-nya, ya silakan saja,” tegas Agus. 

Adapun Yayan Hidayat Dosen Ilmu Manajemen Program Pascasarjana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan Bogor menyebutkan bahwa Le Minerale atau induknya, Mayora sukses membidik CSR di ceruk yang tepat. “Le Minerale mengambil ceruk CSR di tempat pusat keramaian anak muda. Sehingga mudah terlihat pasar,“ urai Yayan. 

Ditambah lagi Le Minerale memiliki inovasi kemasan yang terlihat sangat bersih dan jernih. Serta pesan yang disampaikan unik berbeda, ada manis-manisnya. Hal ini mampu menggoda pasar demografi anak muda untuk menjajal produknya. “Inovasi Le Minerale tepat. Ini contoh cara mengambil inovasi dengan tepat,” puji Yayan. 

Ketika disambangi Media pada Minggu sore pertengahan Juli silam, para pedagang Foodcourt Sempur mengungkapkan rasa syukurnya. “Kami berterima kasih kepada Le Minerale sudah dibangun foodcourt bersih, nyaman, gratis pula. Padahal sebelumnya saya jualan di tenda kumuh di sekitar lapangan Sempur sini. Kesadaran kami berterima kasih jadi kami utamakan menjual produk Mayora dan Le Minerale,” ujar Endang, pedagang pempek di Foodcourt Sempur yang sebelumnya sudah berjualan selama 8 tahun di sekitar Taman Sempur. 

Demikian juga Solihat, pedagang soto mie bogor yang sudah 10 tahun berjualan di kaki lima Sempur sebelum foodcourt Sempur dibangun juga mengaku senang mendapat tempat berjualan yang bersih secara Cuma-Cuma. “Karena itu saya sangat berterima kasih ke Mayora, Le Minerale sudah diberikan tempat berjualan gratis. Kami berterima kasih dengan mengutamakan menjual produk dari Mayora seperti kopi Torabika, dan air Le Minerale,” ujar Solihat yang juga menjadi sekretaris koperasi pedagang foodcourt Sempur yang mengelola pemeliharaan fasilitas di lokasi tersebut.