Agustina Sovia Marcony, Content Creator Kuliner yang Sekaligus Pencipta Resep Masakan

ANP • Tuesday, 18 Jul 2023 - 21:11 WIB

JAKARTA - Sebelum terjun sebagai content creator, Sovi, sapaan akrab wanita bernama lengkap Agustina Sovia Marcony ini adalah pengusaha triplek. Kebetulan ketika itu, area di sekitar rumahnya di Jakarta Timur agak sulit mencari makanan matang. Itu yang membuat di tengah kesibukannya sebagai pengusaha triplek, Sovi pun mulai belajar masak. Kebetulan, mendiang ibundanya dulu pintar masak dan memiliki usaha  catering. “Jadi saya suka kangen masakan mama. Itu juga yang menjadi salah satu motivasi saya belajar masak dan mulai turun ke dapur. Setiap selesai masak, hasilnya saya foto dan posting di instagram sekaligus dengan resepnya,” ungkap Sovi.

Saat itu Sovi sama sekali tidak menyangka kegiatan yang rutin ia lakukan sejak 2015 ini pada akhirnya membawanya menjadi seorang content creator kuliner seperti sekarang ini. Bahkan bisa dibilang, ia adalah salah satu pelopor content creator yang membagikan resep masakannya kepada khalayak. “Pada saat itu masih jarang orang yang melirik konten memasak yang sekaligus kasih resep masakannya. Itu mungkin yang membuat akun saya berbeda dengan akun-akun kuliner lainnya. Efeknya, followers instagram saya cepat bertambah,“ tukas Sovi yang pada akhirnya memilih menutup usaha tripleknya dan fokus menjadi content creator ini.

Hobinya berbagi foto dan resep masakan itu pula yang membuat akun instagram Sovi diperhatikan oleh pakar kuliner William Wongso dan artis Ashanti. Ujar wanita kelahiran Stabat, 17 Agustus 1980 ini misinya saat itu hanya satu. Ia ingin memengaruhi orang agar tidak lagi memandang kegiatan memasak sebagai satu hal yang sulit, melainkan sangat menyenangkan. Sovi berusaha mengajak pengikutnya untuk berani mencoba memasak sendiri di rumah dari resep yang paling simple dulu. “Intinya jangan takut untuk mencoba. Memasak itu sebenarnya mudah sekali asal kita ada kemauan,” senyum wanita yang pernah dikontrak selama 1 tahun untuk membantu promosi peralatan rumah tangga dari merek Elextrolux ini.

Bolak-Balik Thailand dan Jago Bikin Bakcang

Kini akun @sovifooddiary milik Sovi semakin berkembang pesat, di Instagram memiliki 125 ribu pengikut, sedangkan di TikTok sudah mencapai 15 ribuan pengikut. Postingannya pun semakin variatif. Bahkan, demi berburu konten kuliner, ia sampai melakukan solo traveling ke beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, India, Taiwan, Hong Kong dan Jepang.

Malah untuk berburu kuliner di Thailand, hampir dua atau tiga bulan sekali ia berkunjung ke sana. Aku Sovi, selain masakan Indonesia, ia juga merasa sangat jatuh cinta dengan masakan asal Negeri Gajah Putih tersebut. Kalau sedang di Thailand, ia sampai blusukan ke daerah-daerah pelosok  yang jarang didatangi turis untuk menemukan local food di sana. “Istilahnya saya mencari hidden gems. Saya naik ojek sampai masuk ke kampung-kampung. Pernah naik ojek sampai satu jam perjalanan karena lokasinya memang di pelosok banget. Lumayan pegal juga badan tapi begitu ketemu restoran hidden gems tersebut dan mencicipi makanannya, rasa pegal itu hilang, berganti hati dan perut yang jadi senang, haha …,” tawa Sovi merebak.

Yang pasti karena terbiasa melakukan solo traveling, Sovi juga harus memberikan perhatian ekstra agar konten yang dihasilkannya tetap berkualitas baik. Salah satunya, ia harus memiliki peralatan penunjang yang prima dalam membuat konten, seperti gimbal dan drone. Tentunya harga peralatan ini tidak murah, tapi bagi Sovi itu tidak jadi masalah. “Ini merupakan bentuk keseriusan saya dalam menggarap konten. Anggap saja bagian dari investasi,” tukas salah satu pemilik gerai durian bernama “Good Durian” ini.

Satu hal lagi yang menarik diketahui, dikenal sebagai sosok yang pintar masak, ada satu makanan yang identik dengan sosok Sovi, yaitu bakcang (non halal). Awalnya ia coba-coba membuat bakcang dan mengirimkan testernya kepada pakar kuliner Indonesia, William Wongso. “Ternyata setelah mencoba bakcang saya, om William suka sekali dan mensupport saya untuk menjual bakcang ini. Mulailah saya juga berjualan bakcang. Setiap tiga minggu sekali, saya open PO bakcang di instastory saya,” ungkap Sovi yang mematok harga Rp 70 ribu per bacang.

Pesanan bakcang yang masuk ke Sovi jumlahnya tidak main-main, apalagi kalau pas Hari Bakcang yang diperingati oleh etnis Tionghoa setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Khongcu Lek. Pada tahun ini, Hari Bakcang jatuh pada 22 Juni 2023 lalu dan pesanan bakcang yang Sovi terima hingga 2500 buah. Menariknya semua pesanan itu dikerjakan olehnya seorang diri. “Mulai dari belanja, mempersiapkan bahan, membuat hingga memasaknya, itu saya lakukan sendiri. Sampai mengelap daun pembungkus bakcang pun saya lakukan sendiri. Selain untuk menjaga kualitasnya, ini saya lakukan karena memasak memang passion saya,” tukas Sovi sambil menambahkan dalam sehari ia bisa memproduksi 300 hingga 400 bakcang.