Sandiaga di Seminar OK OCE & LP3I: Konsep FAST untuk Berani Berwirausaha

• Saturday, 15 Jul 2023 - 12:27 WIB

Jakarta - Seminar nasional "Berani Berwirausaha" kolaborasi OK OCE bersama LP3I belum lama ini digelar dengan dihadiri ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia secara daring. Para peserta diberikan tips berani berwirausaha, langsung dari Sandiaga Uno. 

Sandiaga Uno, Founder OK OCE yang juga Menparekraf RI mengatakan, dalam berwirausaha ada yang namanya FAST. 

“Konsep Wirausaha FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh). Konsep berwirausaha Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan cara shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Berwirausaha harus cepat karena kesempatan tidak datang 3-4 kali, hanya 1-2 kali. Oleh karena itu konsep wirausaha FAST Nabi Muhammad SAW perlu diterapkan," ungkapnya kepada ratusan mahasiswa yang hadir. 

Sandi menambahkan, konsep vertikal wirausaha yaitu berkaitan dengan berwirausaha dan berbisnis hanya karena Allah SWT. Jadi kuatkan ibadah, takwa, ibadah, dzikir, dan bersyukur.

Sementara konsep horizontal wirausaha yaitu dengan sesama, membuka lapangan pekerjaan. 

“Jangan lupa juga untuk habluminannas yang baik dengan karyawan, harmonis dengan pelanggan/supplier, sehingga jaringan, lingkungan bisnis, dan hubungan dapat terjalin dengan baik," tandasnya.

Target entrepreneur 2024 adalah membuka peluang usaha dan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024 dengan semangat 3G (Gercep, Geber, Gaspol). 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Iim Rusyamsi, Ketua Umum OK OCE, LP3I dan Kemenparekraf RI.