Realisasikan Janji Menag, 90 Ribu Galon Air Zamzam Tambahan Dikirim ke Indonesia

MUS • Saturday, 15 Jul 2023 - 02:41 WIB

Jeddah - Sebanyak 90 ribu galon air zamzam ukuran lima liter telah dikirim ke tanah air melalui Bandara King Abdulaziz (KAIA) Jeddah.

Ratusan ribu liter air zamzam itu didatangkan sebagai tambahan untuk jemaah haji gelombang pertama. 

"Mulai hari ini sudah kita kirim air zamzam untuk jemaah gelombang satu. Tentunya ini masih kurang dan akan didistribusikan terus hingga nanti jemaah memiliki 10 liter galon air zamzam perorang,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara PPIH Arab Saudi Haryanto saat ditemui Tim Media Center Haji di Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA) Kamis malam (13/7/2023). 

Sesuai surat edaran Kemenag, air zamzam tambahan ini dapat diambil di kantor Kemenag Kabupaten/kota masing-masing. "Nanti akan diberitahukan pada jemaah setibanya di tanah air. Cara mengambilnya menggunakan paspor para jemaah," jelas Haryanto.

Haryanto meminta jemaah bersabar, karena pendistribusian zamzam ke seluruh daerah butuh waktu. Tapi ia menjamin tiap jemaah akan mendapatkan haknya tanpa kecuali. 

“Kita menjamin seluruh jemaah akan mendapatkan (zamzam) sesuai dengan yang diharapkannya," tukas dia. 

BACA JUGA: Alhamdulillah, Menag Pastikan Tiap Jemaah Dapat 10 Liter Air Zamzam

Sebelumnya kabar gembira tentang tambahan air zamzam, datang dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Gus Men memastikan jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 M akan mendapatkan air Zamzam sebanyak 10 liter

"Kalau sebelumnya jatah zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter zamzam untuk jemaah haji dan petugas," kata Menag Yaqut di Syisyah-Makkah, Senin (3/7/2023) lalu. 

"10 liter air zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Mudah-mudahan air Zamzam yang diberikan membawa berkah buat bapak ibu semuanya," tukasnya saat itu.