Wujudkan SDM Handal, FTUP Buka Prodi Teknik Perkeretaapian

ANP • Friday, 14 Jul 2023 - 14:57 WIB

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) membuka program studi baru, yaitu Teknik Perkeretaapian.

Dekan FTUP, Budhi Muliawan Suyitno mengatakan, lounching prodi perkeretaapian akan dilakukan pada 18 Juli 2023 mendatang. Rencananya, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan hadir. Menurutnya, FTUP akan bekerjasama dengan stakeholder untuk mewujudkan SDM berkualitas pada prodi perkeretaapian tersebut.

"Teknik perkeretaapian FTUP akan  dilounching 18 Juli 2023. Dirjen Perkeretaapian dan Rektor Universitas Pancasila akan memperkenalkan prodi baru tersebut," tegas Dekan FTUP
Budhi Muliawan Suyitno dalam acara Open House Mahasiswa Baru Reguler Khusus Semester Gasal 2023/2024 di Kampus Universitas Pancasila Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Menurut Budhi, Indonesia kini memiliki sarana transportasi kereta sangat lengkap mulai kereta tradisional, KRL, LRT, MRT hingga kereta cepat. Dimana hal itu merupakan peluang bagi Universitas Pancasila untuk menyediakan SDM yang handal.

"SDM perkeretaapian masih menjadi kendala. Khususnya tenaga ahli. Karena dalam beberapa tahun kedepan sangat dibutuhkan," katanya.

Ia menjelaskan, karena prodi ini masih baru, maka pihaknya akan bekerjasama dengan stakeholder kereta api di Indonesia untuk menjadi dosen pengajar.

"Kerjasama akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar. Mulai dari Kemenhub, INKA, akademisi, Politeknik, STTD dan semuanya," tambah Mantan dirjen perkeretaapian Kemenhub tersebut.

Meski baru akan diperkenalkan 18 Juli mendatang, namun kata Dekan FTUP, sudah ada 54 orang calon mahasiswa yang mendaftar, 36 dinyatakan lolos administrasi.

"Kami akan buka 1 kelas dengan 50 orang mahasiswa di prodi Teknik Perkeretaapian," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penyiapan Program Studi Teknik Perkeretaapian, Eka Maulana menambahkan, pihaknya akan merealisasikan kerjasama dengan instansi terkait perkeretaapian seperti PT. KAI, MASKA, PT. Adhi Karya, Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub, dan instansi lain yang terkait. Selain itu beberapa kerjasama internasional di luar negeri melalui kantor LHKI (Lembaga Hubungan Kerjasama Internasional) di FTUP.

"Kerjasama tersebut akan digencarkan MOU dan MUA dikarenakan program studi Teknik Perkeretaapian adalah satu-satunya program sarjana yang ada di universitas swasta di Indonesia," katanya.

Ia mengaku, dengan berkembangnya kerjasama tersebut, maka diharapkan program studi tersebut akan menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa yang berminat serta ingin mempelajari lebih banyak tentang perkeretaapian.

Prodi FTUP

Fakultas Teknis Universitas Pancasila (FTUP) memiliki beberapa Program Studi (Prodi) Sarjana (S-1) yakni:  Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Perkeretaapian serta Program Studi Diploma III Teknik Mesin dan Teknik Elektronika. Prodi Magister (S-2) terdiri dari Magister Teknik Mesin (MTM) dan Magister Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan (MRIL).

Kepala Bagian Kemahasiswaan & Alumni  Noor Suryaningsih mengatakan, Prodi Teknik Perkeretaapian FTUP adalah program studi baru yang saat ini memiliki keistimewaan dikarenakan program tersebut adalah satu-satunya Prodi sarjana Teknik Perkeretaapian dikelola oleh Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia.

Masing-masing program studi yang ada memiliki penilaian akreditasi sebagai berikut :
1. Program Studi Teknik Untuk Sarjana
- Arsitektur (Akreditasi - -Teknik Sipil (Akreditasi UNGGUL)
- Teknik Mesin (Akreditasi A)
- Teknik Industri (Akreditasi B)
-Teknik Informatika (Akreditasi A)
- Teknik Elektro (Akreditasi A)
- Teknik Perkeretaapian (Akreditasi BAIK)

2. Program Teknik Untuk Diploma III
- Teknik Elektronika (Akreditasi BAIK SEKALI)
- Teknik Mesin (Akreditasi UNGGUL)

3. Program Magister
- Teknik Mesin (Akreditasi UNGGUL)
- Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan (Akreditasi BAIK)

4. Program pendidikan sedang dalam proses Pengusulan Prodi Baru yang sudah terekomendasi LLDIKTI3
- Teknik Mesin (S3)

5. Program pendidikan Profesi dalam Proses Penyusunan Dokumen
- Program Profesi Arsitektur (PPArs)
- Program Profesi Insinyur (PPI)

Untuk biaya pendidikan yang mungkin menjadi pertimbangan utama untuk bergabung dengan program studi teknik, Fakultas Teknik Universitas Pancasila memberikan kemudahan pembiayaan antara lain :
- Skema pembayaran lunas paket setiap satu semester
- Skema pembayaran angsuran 4 kali dan 6 kali setiap semester 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Fakultas Teknik Universitas Pancasila, maka kita bisa mengakses link;  http://teknik.univpancasila.ac.id