Hasil Survey SSC, Ganjar Kuasai Kawasan Surabaya

LAN • Thursday, 13 Jul 2023 - 23:44 WIB

Surabaya - Pernik-pernik yang berkaitan dengan pelaksanan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang semakin dinamis dan hangat, tak terkecuali pernik dinamika mengenai elektabilitas capres-capres yang akan maju pada pemilu mendatang. Saat ini nama Ganjar Pranowo tercatat terus menunjukkan tren menanjak elektabilitasnya dan menjadi menjadi pemuncak favorit bakal capres pilihan warga Surabaya. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memuncaki perolehan tingkat elektabilitas dengan angka 56,3%. Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. 

“Untuk Surabaya, Ganjar terlalu digdaya, tren positif peningkatan angka elektabilitasnya sulit dikejar oleh calon-calon yang lain, baik itu Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan” kata Ikhsan.

Di survei elektabilitas, Ganjar disusul Prabowo dengan perolehan 22,1%, serta Anies Baswedan memeroleh 7,9%. 

“Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, Erick Thohir dengan 3,9%, Ridwan Kamil dengan 2,3%, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 2,1%, diikuti Mahfud MD 1,5%, sementara Khofifah I.P., Airlangga Hartarto, dan Sandiaga Uno ketiganya 0,8%", imbuhnya.

“Pencapaian signifikan Ganjar ini tidak terlepas dari kerja politik panjang yang dilakukan Ganjar selama ini, baik sebagai Gubernur Jateng maupun sebagai tokoh terkemuka di partai politik terbesar di Indonesia. Sebagai Gubernur, Ganjar dinilai berhasil mengelola dan memimpin Jateng ditandai dengan berbagai penghargaan yang diterimanya sebagai kepala daerah.

Sedangkan sebagai tokoh politik Ganjar juga sukses membangun citra diri positif sejauh ini " ujar Iksan. 

Selain menyoroti Pemilihan Presiden (Pilpres), SSC juga meriset cawapres. Nama Erick Thohir terus melejit dan secara elektabilitas menjadi salah satu favorit sebagai bakal cawapres di Surabaya. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC), menunjukkan sosok yang saat ini menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memuncaki perolehan tingkat elektabilitas cawapres dengan angka 22,3% diikuti Mahfud MD dengan angka 19,3%.

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. 

“Untuk Surabaya, Erick Thohir perlahan namun pasti angka elektabilitasnya terus menguat dan mencapai posisi puncak saat ini, meski ada nama-nama lain yang menyusul seperti Mahfud MD, kemudian ada Ridwan Kamil dan Agus Harimurty Yudoyono. dengan perolehan keduanya 10%”, kata Surokim.

Lebih lanjut, Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo Madura ini menambahkan masih ada nama-nama lainnya yang muncul seperti Gibran Rakabuming, dengan 7,6%, Sandiaga Uno dengan 7,1%, Tri Rismaharini dengan 6,8%.

 “Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, seperti Airlangga Hartarto 3,7%, Khofifah I.P., 2,3%, Muhaimin Iskandar 2,2%, Puan Maharani 2,1%. Sedangkan Gatot Nurmantyo dengan 0,8%, lalu ada Yenny Wahid dan Andika Perkasa keduanya 0,4% serta Muldoko dan Nasarudin Umar keduanya 0,3%", imbuhnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20 - 30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.