Sido Muncul Akan Perluas Kios Sehat di Sejumlah Rumah Sakit

LAN • Wednesday, 12 Jul 2023 - 21:22 WIB

Semarang – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk semakin agresif menjalin kolaborasi dengan sejumlah rumah sakit untuk menghadirkan Kios Sehat Sido Muncul Natural, sebagai upaya memberikan jamu sebagai pengobatan alternatif kepada masyarakat.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan Kios Sehat Sido Muncul Natural itu untuk mengenalkan jamu dan obat herbal modern sebagai alternatif pengobatan. Perkenalan tersebut direalisasikan melalui kerja sama dengan Rumah Sakit.

Menurutnya, jamu sebagai pengobatan alternatif dan sebagai pendamping obat terhadap pasien rumah sakit, sehingga pendirian Kios Sehat Sido Muncul Natural di sejumlah sakit bakal diperbanyak dan diperluas.

“Dengan menggandeng rumah sakit, kami targetkan Kios Sehat Sido Muncul Natural itu bisa berdiri di seluruh rumah sakit di Indonesia. Tahun ini setidaknya 2.000 Kios Sehat Sido Muncul Natural telah disiapkan,” ujar Irwan, belum lama ini.

Pada tahap awal, lanjutnya, saat ini, Sido Muncul telah mendirikan Kios Sehat Sido Muncul Natural di Kota Semarang, Solo dan Bali, menyusul segera Yogyakarta. Ketiga Kios Sehat yang telah beroperasi itu, meliputi Kios Sehat di Rumah Sakit Pantiwilasa dr Cipto Semarang, RSUD Bung Karno Surakarta dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bali Mandara, Denpasar, Bali.

Kios Sehat Sido Muncul Natural menyediakan sedikitnya 50 jenis jamu food suplemen berupa kapsul dan soft jell, bahkan ke depan bakal ditambah dengan berbagai jenis obat herbal modern produk Sido Muncul.

“Jadi produk-produk yang ada di Kios Sehat Sido Muncul Natural ini diharapkan bisa dijadikan pendamping obat yang diberikan kepada pasien, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat” tutur Irwan.

Irwan menambahkan, di dalam Kios Sehat disediakan produk Sido Muncul khususnya produk yang berbentuk kapsul dan soft jell dan produk tersebut hanya beredar di pasar-pasar tertentu.

“Produk yang kita siapkan di Kios Sehat adalah produk yang sangat berkualitas dan hanya dipasarkan di tempat-tempat tertentu,” ujar Irwan.

Selain mendirikan Kios Sehat, Sido Muncul juga menggandeng para ahli obat tradisional untuk mengembangkan pusat pengolahan pasca panen tanaman obat di Indonesia.

“Dengan kerja sama ini, pengobatan dari obat alami dan herbal, Indonesia jadi lebih hebat,” tuturnya.

Irwan menuturkan, untuk mencapai target pendirian Kios Sehat Sido Muncul Natural di seluruh rumah sakit di Indonesia, kini Sido Muncul tengah berproses kerja sama dengan pihak terkait dan rumah sakit di Indonesia.

“Proses kerja sama sedang kita bangun, targetnya Kios Sehat Sido Muncul bisa merata ada di seluruh rumah sakit di Indonesia,” ujar Irwan.

Menurut Irwan, Sido Muncul didukung oleh praktisi kesehatan yang sudah menjadi partner research and development selama 15 tahun dalam mengembangkan berbagai produknya.

Irwan menambahkan, kerja sama ini ditujukan agar pengobatan dari obat alami dan herbal Indonesia jadi lebih hebat. Nantinya tidak menutup kemungkinan ada kesempatan pertukaran ilmu dan pelajaran antara tim Sido Muncul, sejumlah rumah sakit dan Pusat Pengolahan Pasca Panen Tanaman Obat (P4TO), sebagai upaya ke depan perkembangan obat/pengobatan herbal akan semakin hebat bisa terwujud.

“Karena semua yang tradisional itu baik, tapi kalau dijelaskan secara ilmiah itu akan membuat meyakinkan para masyarakat yang sekarang lebih modern dan informasinya juga banyak. Harapan saya kerja sama ini bisa berjalan baik, tentang obat-obatan tanaman herbal ini bisa lebih maju, memasyarakatkan dan bisa meluas ke dunia,” tutur Irwan.

Irwan berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan obat-obatan herbal bisa lebih maju, diterima masyarakat, dan meluas ke dunia. (APb)