Erick Thohir Tertinggi, Jauh Tinggalkan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno dalam Bursa Cawapres Survei LSI

LAN • Tuesday, 11 Jul 2023 - 20:21 WIB

Jakarta - Elektabilitas Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI). Elektabilitas Erick jauh meninggalkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Erick Thohir unggul pada semua simulasi nama survei LSI, baik 24, 12, dan 7 nama. Survei LSI dengan simulasi 24 nama menempatkan Erick Thohir memperoleh persentase tertinggi yakni 14.3% mengalahkan Ridwan Kamil atau Kang Emil sebesar 13,5%.

Bahkan, Erick Thohir jauh unggul dari nama-nama lain yang muncul seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD 9,9%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 9,6%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 8,9%, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka 7,6%.

“Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat, diikuti oleh nama lama yaitu Ridwan Kamil, baru Mahfud MD, AHY, ini kalau 24 nama semi terbuka,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat rilis LSI secara virtual, Selasa (11/7/2023).

Sementara itu, pada simulasi 12 nama Erick Thohir juga memimpin jauh dengan elektabilitas tertinggi sebagai cawapres. Erick memperoleh angka sebesar 18,5% jauh memimpin dari Ridwan Kamil 16,6% dan Sandiaga 11%. Kemudian nama lain seperti AHY 10%, Gibran 9%. Kemudian, nama-nama lain yang muncul persentasenya jauh lebih rendah.

“Kalau kita kerucutkan menjadi 12 nama posisinya menjadi Erick Thohir unggul dibanding Ridwan Kamil, lalu Sandi Uno, AHY, Gibran, Khofifah, dan seterusnya. Yenny Wahid masih cukup jauh termasuk juga nama baru yang sering dimunculkan yaitu Nasaruddin Umar dan Muhaimin Iskandar,” kata Djayadi.

Selanjutnya, Erick Thohir juga memimpin pada simulasi 7 nama mengalahkan Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno. Erick mendapatkan 21,2%, kemudian Ridwan Kamil 19,6%, dan Sandiaga 17,5%.

Kemudian, nama lain yang muncul seperti AHY hanya mendapatkan persentase 10,8%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6,4%, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 5,7%, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar 1,6%.

“Demikian juga kalau 7 nama, masih 3 besar adalah Erick, Ridwan, Sandi, diikuti Khofifah dan Airlangga. Kalau nama-nama ini yang kita tanyakan,” paparnya.

Untuk diketahui, target populasi pada survei LSI kali ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon atau cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Melalui teknik RDD, sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan sekitar 2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Sementara, wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.