Diprediksi Lolos Parlemen, Elektabilitas Partai Perindo Tempel Ketat Demokrat

LAN • Tuesday, 11 Jul 2023 - 19:54 WIB

JAKARTA - Dalam temuan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada awal Juli 2023. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) kembali diprediksi lolos ke parlemen pada tahun 2024 mendatang.

"Partai luar parlemen yakni Partai Perindo tampak berpeluang lolos ke parlemen," kata Direktur Eksekutif LSI, Dyajadi Hanan saat memaparkan hasil surveinya secara daring, Selasa (11/7/2023).

Dalam data yang dipaparkan, elektabilitas partai besutan Hary Tanoesoedibjo (HT) itu memperoleh angka sebesar 4,1 persen. Posisi Partai Perindo berada di atas dua parpol parlemen seperti PPP dan PAN yang keduanya sama-sama memperoleh elektabilitas sebesar 2,5 persen.

Tak hanya itu, LSI juga memotret elektabilitas Partai Perindo terlihat mulai menempel ketat Partai Demokrat yang berada di kategori parpol papan tengah. Diketahui, elektabilitas Partai Demokrat sendiri berada di peringkat keenam dengan perolehan angka sebesar 4,4 persen.

Di sisi lain, PKS menduduki peringkat ketiga dengan elektabilitas sebesar 6,2 persen. Elektabilitas PKS bersaing ketat dengan Golkar sebesar 6,0 persen, PKB sebesar 5,7 persen dan Partai Nasdem sebesar 5,5 persen. "PDIP paling banyak dipilih 23,7 persen, kemudian Gerindra 14,2 persen," ujarnya.

Survei LSI dilakukan pada tanggal 1-8 Juli 2023 dengan motode wawancara melalui sambungan telepon dengan responden.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) atau teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.