Era Media Sosial, Gus Muhaimin Ajak Anak Muda Kreatif dan Inovatif

AKM • Tuesday, 11 Jul 2023 - 10:40 WIB

Pasuruan – Maraknya penggunaan media sosial (medsos) memberiklan ruang bagi siapapun untuk bisa meraih kesuksesan, terutama kalangan anak muda. 

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengatakan, di era medsos sekarang, semua orang memiliki kans yang sama untuk bisa sukses.

”Siapa yang bisa memanfaatkan medsos dengan baik maka dialah yang akan unggul. Siapa yang kreatif, inovatif, punya gagasan, dia yang punya peluang untuk melakukan perbaikan dan percepatan kemajuan. Kreatif dan inovatif itu kuncinya. Kesuksesan bukan lagi milik orang Jakarta, Bandung, Surabaya, tapi semua punya peluang yang sama,” ujar Gus Imin dalam acara bertajuk Ngopi Bareng Milenial: Gus Muhaimin Capres 2024 sekaligus Peresmian Gass Guss Cafe di Sukorejo, Pasuruan, Senin (10/7).

Dikatakan Gus Imin, saat ini jumlah anak muda di Indonesia adalah mayoritas, lebih dari 50% jumlah penduduk. Kondisi ini menjadi peluang besar sekaligus energi untuk kemajuan bangsa.

”Energi besar 10 tahun ini akan ada jumlah kaum muda dalam jumlah besar dengan potensi yang bisa menghadirkan negara dengan income tinggi. Banyak negara yang mencapai sukses ketika penduduk usia mudanya tinggi. Tapi banyak juga yang akhirnya gagal dalam mengelola petonsi anak muda,” urainya. 

Karena itu, Gus Imin mengingatkan anak-anak muda untuk tidak pernah berhenti berkreasi, memanfaatkan energi untuk melakukan berbagai inovasi sehingga ke depan Indonesia bisa menjadi negara maju.

”Kalian anak-anak muda harus merasa punya energi dan kemampuan. Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan sedetikpun,” urainya. 

Hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh negara dengan tingginya potensi anak muda Indonesia adalah menyiapkan akses pendidikan yang berkualitas dan terhubung dengan perkembangan telnologi dan dunia industri.

"Kita harus bisa menjadikan energi kaum muda ini link and match dengan teknologi, industri dan kebutuhan pasar. Kita harus berani mengalokasikan sepertiga APBN kita untuk kebutuhan anak muda,” katanya. 

Gus Imin juga mengajak kalangan muda untuk aktif membangun jejaring seluas-luasnya sehingga terbuka akses dan peluang-peluang menuju ke arah kemajuan. 

Ketua Umum DPP PKB ini juga mengapresiasi dibukanya Gass Guss Café sebagai tempat untuk nongkrong anak muda sekaligus berdiskusi dan menguatkan jejaring sosial.  

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Reza, Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan, caleg muda DPR RI PKB Dapil Pasuruan-Probolinggo Muhammad Hilman Mufidi (Gus Hilman), sejumlah ulama dan ratusan anak muda dari berbagai kalangan di wilayah Pasuruan. 

Senada dengan Gus Imin, caleg muda PKB Gus Hilman mengajak anak-anak muda di Pasuruan dan Probolinggo untuk kreatif dan memiliki motivasi untuk maju.

"Saya sebagai caleg muda PKB, mengajak sahabat-sahabat muda lainnya untuk bersama-sama membuat kreativitas. Gass Guss Cafe ini bisa kita manfaatkan untuk tempat berkreasi, diskusi berbagai hal, mulai isu-isu politik terkini, persoalan sosial, termasuk mendiskusikan peluang-peluang untuk berkembang bagi generasi muda di Pasuruan dan Probolinggo,” ujar Gus Hilman.