PLN Pulihkan Pasokan Listrik di Lumajang, Pasca Hujan Deras dan Longsor

LAN • Friday, 7 Jul 2023 - 22:47 WIB

Surabaya - Pasca hujan deras dan angin kencang yang menimpa wilayah Tempeh dan sekitarnya pada 7 Juli 2023 pukul 01.59 WIB mengakibatkan 2 buah tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) patah sehingga pasokan listrik yang menyuplai 20.402 pelanggan terganggu. Bergerak cepat, PLN menerjunkan 30 personil dan peralatan pendukung ke lokasi untuk melokalisir wilayah padam dan persiapan penggantian material padam.

Tercatat hingga pukul 05.00 WIB, personel PLN telah menormalkan 79 gardu distribusi, dan tersisa 10 gardu distribusi yang menyuplai 2.141 pelanggan di Desa Iburaja, Dusun Umbulsari, Desa Tegalrejo dan Dusun Licin dalam proses perbaikan karena akses ke lokasi tertutup longsor.

"Dikarenakan medan yang sulit dijangkau akibat longsor, perlu mengerahkan personel PLN dari Malang untuk melakukan penormalan di lokasi 10 gardu lainnya. Saat ini personel telah tiba di lokasi dan sedang melakukan pemulihan. Kami akan terus berkoordinasi dengan BPBD untuk memastikan keamanan petugas saat melakukan penormalan," ungkap Manager PLN UP3 Jember, Dasih Listyanto.

PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan serta mengimbau agar senantiasa waspada terhadap potensi bahaya kelistrikan. 

"Mohon dukungan seluruh masyarakat agar proses penormalan berjalan lancar dan pasokan listrik ke pelanggan kembali pulih 100%. Kami mengimbau pula kepada masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap potensi bahaya akibat cuaca ekstrim atau gangguan lainnya, pelanggan dapat melakukan pengaduan melalui PLN Mobile," jelas Dasih.