Hasil Survei LKPI Airlangga Capres Paling Mengerti Ekonomi, Ini Respon Akademisi

FAZ • Friday, 7 Jul 2023 - 21:23 WIB

Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Heru Suyatno telah memaparkan hasil surveinya. Dalam hasil tersebut, setidaknya, ada 61,9 persen responden memilih Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang paling mengerti mengenai pengelolaan ekonomi nasional.

Sementara Prabowo Subianto berada di posisi kedua dengan 12,8 persen.

Sedangkan Ganjar Pranowo dengan 6,4 persen, dan Anies Baswedan dengan 4,7 persen.

Setidaknya ada 14,2 persen lagi tidak memberikan penilaian.

Merespon itu, Akademisi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, Dr.Iswadi, M. Pd menilai, Airlangga Hartarto merupakan sosok yang potensial sebagai calon presiden (capres). Hal tersebut dikarenakan Ketua Umum Partai Golkar itu menguasai persoalan ekonomi.

"Bapak Airlangga Hartarto merupakan sosok yang paham betul tentang Ekonomi dan merupakan sosok yang paling tepat meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin," ujar Dr.Iswadi, M. Pd, Jumat (7/7/23).

Selain itu, Airlangga Hartarto juga telah terbukti memiliki kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ia yang merupakan merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dinilai berhasil dalam membantu pemerintah Jokowi Ma'ruf.

Panel Survei Indonesia juga sebelum nya telah menunjukkan setidaknya ada 32,7 persen responden yang memilih Airlangga Hartarto untuk melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

Arah suara pemilih pemula juga cenderung ke Ketua Umum Partai Golkar itu Airlangga Hartarto.

Sedangkan dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) dengan simulasi dua pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Menunjukkan Airlangga Hartarto layak melanjutkan kepemimpinan Jokowi di masa depan.

"Dari situ kita bisa lihat jika Airlangga Hartarto ini layak meneruskan kepemimpinan Jokowi dan pastinya Ekonomi Indonesia kedepannya akan lebih baik lagi," katanya.

"Airlangga yang juga Menteri Perekonomian selalu memberikan kedekatan kepada publik. Kemampuannya bisa dianggap cukup mumpuni terutama, terkait ekonomi Indonesia yang saat ini relatif stabil dibanding negara lain," pungkasnya.