Yayasan WWF Indonesia dan Rekosistem Kerja Sama Resmikan Waste Station® di RDTX Place

ITK • Thursday, 6 Jul 2023 - 14:22 WIB

Jakarta – WWF-Indonesia berkolaborasi dengan Rekosistem meresmikan Waste Station di RDTX Place, Jakarta Selatan. Tujuan dari Waste Station ini adalah dalam rangka mewujudkan pengurangan sampah plastik sebanyak 30% di Jakarta.



Menurut data dari SIPSN Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total timbulan sampah di Indonesia pada tahun 2022 mencapai sebesar 21 juta ton (https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/). Diperkirakan antara 4,8-12,7 Mt plastik terakumulasi di lautan setiap tahun (Jambeck et al., 2015), 80% di antaranya diyakini berasal dari sumber berbasis darat sedangkan 20% sisanya dari sumber berbasis laut, seperti seperti perikanan dan industri perkapalan (Ocean Conservancy, 2017).

Yayasan WWF Indonesia melalui program Plastic Smart Cities (PSC) berkomitmen mendukung upaya kolaboratif pengelolaan sampah di Provinsi Jakarta, khususnya yang menjangkau area perkantoran dan rumah tangga.

Plastic Smart Cities merupakan inisiatif yang diluncurkan oleh WWF-Indonesia dengan misi untuk mendorong kota-kota serta pusat-pusat kegiatan pesisir untuk menghentikan terjadinya kebocoran sampah plastik ke alam pada tahun 2030 dengan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di seluruh dunia.



Irfan Bakhtiar, Director of Climate & Market Transformation, Yayasan WWF Indonesia menegaskan, “Kolaborasi antara WWF-Indonesia dan Rekosistem mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Kepedulian terhadap lingkungan dapat menjadi sebuah gaya hidup baru khususnya masyarakat perkotaan dengan menyetorkan sampah anorganik termasuk sampah plastik ke Waste Station di RDTX Place ini serta memulai pemilahan sampah dari rumah.”


Hal senada juga disampaikan Ernest Layman, Chief Executive Officer dan Co-founder Rekosistem, “Memulai kebiasaan sehari-hari seperti mengelola sampah secara konsisten dapat memberikan dampak yang signifikan di masa depan, dan sejalan dengan misi dari Rekosistem dalam menerapkan prinsip keberlanjutan. Waste Station® ini tidak hanya untuk mengumpulkan sampah yang diproses, tetapi memiliki tujuan utama menciptakan kebiasaan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk memilah dan menyetorkan sampah anorganik untuk menaikkan tingkat daur ulang demi menciptakan Indonesia yang bebas polusi sampah,”Pemilihan RDTX Place sebagai lokasi Waste Station® dinilai sangat strategis karena berada di titik tengah Jakarta dan aksesnya mudah untuk dijangkau masyarakat dengan berbagai moda transportasi-baik transportasi publik maupun pribadi.