Indonesia akan Miliki Laboratorium Geonomik BRIN Berstandar Internasional 

AKM • Monday, 3 Jul 2023 - 06:13 WIB

Jakarta - Pemerintah terus mengembangkan Laboratorium Genomik dalam memperkuat kegiatan peneitian di Indonesia. Dengan upaya yang bertahap dari peleburan Laboratorium dalam naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah membuahkan hasil.

Laboratorium Genomik BRIN akan ditetapkan menjadi laboratorium berstandar internasional pada akhir tahun  2023 ini.

"BRIN pada akhir tahun ini berstandar internasional. Sekarang kami sedang berproses," kata Koordinator Pengembangan Riset Berbasis Cryo-EM BRIN Sandi Sufiandi  di Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno (KST) Cibinong, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sandi mengatakan saat ini pihaknya sedang menyelesaikan sejumlah dokumen pendukung seperti Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mengurus sertifikasi laboratorium berstandar internasional.

Selain itu, kata dia, pihaknya sedang mengupayakan penerapan Good Laboratory Practice (GLP) di Laboratorium Genomik BRIN.   

"Dengan sertifikasi tersebut, ke depannya laboratorium ini bisa menjadi lebih kredibel dalam melakukan berbagai penelitian," ujar doktor mechanical engineering lulusan Tokyo Metropolitan University itu.   

Dia juga menyebutkan pihaknya akan menghadirkan sejumlah periset dari universitas dan lembaga terkemuka di dunia untuk mengadakan transfer pengetahuan sehingga periset Indonesia dapat lebih berkembang.

"Pada dasarnya, laboratorium ini digunakan untuk riset hayati, kesehatan, dan pertanian yang terkait dengan genom," tuturnya.

Dia berharap proses sertifikasi dapat berjalan dengan lancar agar Laboratorium Genomik dapat menjadi laboratorium berstandar internasional yang diperhitungkan.

“ Laboratorium Genomik dapat menjadi laboratorium berstandar internasional yang diperhitungkan,” pungkasnya.

Laboratorium Genomik BRIN yang mulai beroperasi pada 2022 itu berdiri di atas lahan seluas 16.000 meter persegi yang terletak di Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno (KST) Cibinong, Bogor.  Laboratorium ini terdiri atas empat lantai meliputi laboratorium preparasi sampel, persiapan ekstraksi protein, persiapan kultur sel dan jaringan, dan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk pemetaan data genom.