LPS Half Marathon Sukses Digelar, Diharapkan Rutin Diadakan Setiap Tahun

FAZ • Monday, 3 Jul 2023 - 05:25 WIB

Jakarta - Ajang atletik berskala internasional Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Monas Half Marathon dinilai berhasil dalam gelaran perdananya.

Hal ini dapat terlihat pada antusiasme masyarakat yang terlihat sangat besar untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan LPS Monas Half Marathon, dimana terdapat hampir 7.000an peserta dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara yang ambil bagian pada  kegiatan fun run yakni “Run The City” yang dilaksanakan kemarin 1 Juli 2023 dan puncak kegiatan di hari ini yakni LPS Monas Half Marathon.

“Event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi event yang berkesinambungan dan menjadi kegiatan marathon berstandar internasional di Kota Jakarta. Selain itu, diharapkan juga event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi ruang berkompetisi dan berkembangnya potensi atlet-atlet nasional ke depannya,” ujar Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa di Jakarta, Minggu (02/07/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang turut hadir pun mengapresiasi LPS yang memilih olahraga sebagai salah satu media untuk bersosialisasi dengan masyarakat.

Menurutnya, ini sangat penting, karena olahraga itu sifatnya multi sektor dan multi sosial. Ia mengatakan bahwa  ini pilihan sangat tepat agar masyarakat yang gemar berolahraga ini juga bisa mendapatkan edukasi mengenai pentingnya tugas penjaminan simpanan.

“Semoga LPS tidak berhenti di Half Marathon saja tetapi sosialisasi dan edukasinya bisa melalui cabang-cabang olahraga lainnya, sekali lagi apresiasi setinggi-tingginya untuk LPS yang sudah memilih olahraga sebagai media sosialisasinya,” ujarnya.

Lebih jauh, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan juga mengapresiasi langkah LPS yang dinilainya telah berhasil menggelar ajang lari berstandar internasional, dan sudah turut serta mendorong olahraga atletik agar dapat terus maju.

“Kita bersama ingin olahraga atletik terus maju, apalagi sekarang sudah banyak ajang lomba lari marathon seperti di Bali, di Borobudur dan lainnya. jadi apapun yang dikerjakan bila ditata dengan baik, hasilnya pun juga baik,” kata Luhut.

LPS Monas Half Marathon bertema “Restart for Change” kali ini dimulai pada pukul 05.00 WIB yang dimulai dari Monas hingga garis finish di Gelora Bung Karno. Sekitar 4200 lebih pelari diantaranya 80 orang pelari internasional dari berbagai negara yang  mengikuti ajang tersebut untuk memenangkan total hadiah hingga Rp 992 juta.

Hampir 7.000an peserta dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara ikut dalam kegiatan fun run yakni “Run The City” pada 1 Juli 2023 dan puncak kegiatan LPS Monas Half Marathon.

“Tak hanya untuk sosialisasi LPS, semoga event LPS Monas Half Marathon dapat menjadi ruang berkompetisi dan berkembangnya potensi atlet-atlet nasional ke depannya,” ujar Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang turut hadir pun menyampaikan, “Semoga LPS tidak berhenti di Half Marathon saja tetapi sosialisasi dan edukasinya bisa melalui cabang-cabang olahraga lainnya, sekali lagi apresiasi setinggi-tingginya untuk LPS yang sudah memilih olahraga sebagai media sosialisasinya”.

LPS Monas Half Marathon juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan, Pj Gubernur DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono, dan Wakil Menteri Keuangan, Bapak Suahasil Nazara.