Jalani Tawaf Ifadah, Masjidil Haram Dipadati Jemaah

MUS • Monday, 3 Jul 2023 - 00:07 WIB

Makkah - Jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, memadati Masjidil Haram pada Minggu (2/7/2023) untuk melakukan tawaf ifadah yang menjadi bagian dari rukun haji. 

Para jemaah secara berkelompok berangkat dari hotelnya menginap menuju Masjidil Haram setelah menuntaskan rangkaian puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina). 

"Jemaah haji Indonesia sudah berada di Makkah, mereka beristirahat, sebagian ada yang ke Masjidi Haram untuk tawaf ifadah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief di Makkah, Sabtu (1/7/2023).

Sebagian jemaah, kata Hilman, ada yang istirahat di hotel Makkah untuk mengumpulkan energi karena pendorongan dari Mina ke Makkah cukup panjang. "Antrean di mana-mana sehingga menguras energi jemaah," ujarnya. 

Hilman mengimbau jemaah yang masih kelelahan agar menunda dulu tawaf ifadah di Masjidil Haram dan beristirahat di hotel. "Ini sudah diatur baik oleh ketua kloter atau pimpinan KBIHU (kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah)," tukas Hilman.