Potong 12 Hewan Kurban, Demokrat Jakarta Dorong Pemprov Kendalikan Harga Pangan

FAZ • Sunday, 2 Jul 2023 - 11:17 WIB

JAKARTA - Demokrat Jakarta turut merayakan Hari Raya Iduladha 1444H dengan memotong 12 Hewan Kurban yang tersebar di sejumlah wilayah. Dalam kesempatan ini, pihaknya mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mengendalikan harga pangan yang hingga kini terus bergejolak.

"Sesuai program kami, Demokrat Peduli dan Berbagi, kami kembali melakukan pemotongan dan pendistribusian hewan kurban ke sejumlah wilayah. Semoga kehadiran Demokrat turut meringankan beban masyarakat di tengah melambungnya harga-harga kebutuhan pokok, seperti daging," ujar Ketua Demokrat Jakarta, Mujiyono di Jakarta, Sabtu (1/7/2023).

Dalam pemotongan hewan kurban ini, kata Mujiyono, panitia melakukan pemotongan 4 ekor sapi dan satu kambing di kantor DPD Demokrat Jakarta, 6 sapi di sebar ke setiap DPC Demokrat di Jakarta dan satu sapi di kediaman Ketua DPD Demokrat Jakarta.

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta itu berharap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama tim pengendali inflasi daerah bisa membuat terobosan dalam mengendalikan harga pangan di Jakarta.

"Kita tahu, setiap Hari Raya selalu diikuti kenaikan harga pangan. Seharusnya, pemerintah telah menyiapkan sejumlah strategi agar masyarakat tidak terdampak kenaikan harga pangan ini," ucapnya.

Salah satu caranya, ungkap Mujiyono, Pemprov DKI Jakarta harus melakukan kerjasama daerah untuk memastikan pasokan pangan terjaga dengan baik. Selain itu, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta juga bisa menugaskan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan untuk memotong rantai pasok agar tidak menjadi celah bagi oknum tengkulak.

"BUMD pangan di Jakarta kan banyak, ada Pasar Jaya, Food Station, dan Dharma Jaya. Jangan sampai mereka terus menyedot PMD, tapi kerja untuk rakyatnya minim. Perbanyaklah operasi pasar dan sebagainya agar harga pangan terkendali," tegasnya.

Mujiyono mencontohkan, kenaikan harga ayam yang disorot Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. Menurutnya, BUMD terkait bisa menggelar operasi pasar murah agar harga ayam kembali stabil. Namun, katanya, usai Hari Raya Iduladha 1444H ada informasi pedagang ayam dilarang berjualan oleh oknum tertentu yang berakibat pasokan ayam ke masyarakat semakin berkurang.

Kepala Badan Pengabdian & Pemberdayaan Masyarakat (BPPM), Rachmat Ariyanto menambahkan, Demokrat Jakarta Berkurban telah rutin digelar setiap tahun. Dalam kesempatan ini, pihaknya mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat sekitar kantor DPD dan DPC Demokrat se-Jakarta.

"Kami harap, bantuan daging kurban ini memberikan semangat tersendiri bagi warga Jakarta untuk terus berikhtiar dalam mewujudkan perubahan dan perbaikan di setiap level kehidupan," kata Rachmat.

Selain itu, ungkapnya, Anggota Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta juga melakukan pemotongan hewan kurban di wilayahnya masing-masing, seperti Ali Muhammad Johan di Jakarta Selatan, Faisal di Jakarta Utara, Misan di Jakarta Timur, Afni Nur Sajim di Jakarta Barat, Neneng Hasanah di Jakarta Utara, dan Achmad Nawawi di Jakarta Selatan.