LAZISNU Jawa Tengah Salurkan 23 Ekor Sapi, 3 Ekor Kerbau dan 20 Ekor Kambing

LAN • Saturday, 1 Jul 2023 - 17:30 WIB

Semarang - NU Care-LAZISNU Jawa Tengah kembali melaksanakan program Nusantara Berqurban (NUSAQU) pada Idul Adha 1444 H/2023 M tahun ini, kali ini mengusung tema "Qurban Membahagiakan 1444 H". 

Perolehan hewan qurban tahun ini meningkat dan distribusinya lebih meluas dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya. 

Ketua NU Care-Lazisnu Jawa Tengah H Mahummad Mahsun SIP menuturkan, Idul Adha 2023 ini pihaknya mengelola dan mengatakan hewan qurban sebanyak 23 ekor sapi, 3 ekor kerbau dan 20 ekor kambing.

 "Alhamdulillah perolehan hewan qurban tahun ini meningkat dibandingkan dengan perolehan tahun lalu. Tren dari tahun ke tahun selalu meningkat," ujar Mahsun seusai upacara penyerahan hewan qurban dari perwakilan mudohi (orang yang berqurban) kepada Lazisnu Jawa Tengah di kantor PWNU Jawa Tengah Jl Dr Cipto No.180 Semarang, Sabtu (1/7). 

Mahsun menambahkan, untuk penyaluran qurban tahun ini dilaksanakan di 43 titik distribusi se-Jawa Tengah. Pendistribusian ini belum termasuk yang dilakukan oleh unit-unit Lazisnu PCNU di Kabupaten dan Kota Se-Jawa Tengah. 

"Dari hewan qurban yang kita peroleh, yang disembelih di kantor PWNU Jawa Tengah hanya 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing, mengingat keterbatasan tempat. Sedangkan selebihnya disalurkan melalui Lazisnu PCNU, ada yang didistribusikan di masjid-masjid, pesantren, juga ada yang didistribusikan di kampung Tenggelam di Timbulsloko Sayung Demak," tuturnya. 

Perwakilan Sekretaris DPW PKB Jawa Tengah Sukirman SS menuturkan, qurban kali ini bagian menyapa dan solidaritas kepada warga kurang mampu.

Menurutnya, di Jawa Tengah ini angka kemiskinan mencapai 12%, indikator kemiskinan di antaranya stunting.

"Dengan daging ini, saya berharap turut membantu peningkatan gizi masyarakat. Dengan doa, keikhlasan dan keberkahan daging ini, bisa menyenangkan warga kurang beruntung dan bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat," ujar Sukirman yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah.

Sementara itu, Ketua PWNU Jawa Tengah Drs KH Mohammad Muzammil mengucapkan terimakasih kepada para masyarakat yang telah mempercayakan berkurban lewat LAZISNU Jawa Tengah, ucapan terimakasih pula kepada tim LAZISNU Jateng, relawan dan insan media yang telah mendukung suksesnya program Nusaqu 1444 H/2023 M.

"Semoga amal sholih Bapak/Ibu mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT. Kita sebagai anak bangsa, umat Islami harus terus saling mengingatkan, saling berbagi kebaikan dan kebahagiaan, semoga kehidupan ini lebih baik dan tambah barokah," tutur Muzammil. (APb)