PLN Lakukan Pemulihan Infrastruktur Listrik Dampak Gempa Yogyakarta

LAN • Saturday, 1 Jul 2023 - 15:20 WIB

Surabaya - Pasca gempa magnitudo 6,4 SR yang melanda Bantul Yogyakarta pada Jumat (30/6) pukul 19.57 WIB lalu, dilaporkan BPBD setempat sejumlah bangunan baik di Pacitan, Trenggalek, Balong, dan Kota Ponorogo mengalami kerusakan. Gerak cepat, setelah mengamankan pasokan listrik di sejumlah lokasi yang mengalami gangguan, pagi ini PLN menyalurkan bantuan sembako dan bantuan untuk rumah warga serta mushola yang mengalami kerusakan.

"Melalui YBM PLN kami salurkan bantuan untuk 4 rumah dan 1 mushola yang roboh serta 34 paket sembako untuk warga yang terdampak," terang General Manager PLN UID Jawa Timur Lasiran.

Lasiran mengatakan bantuan ini diberikan untuk meringankan beban warga terdampak gempa. Ia berharap agar warga terdampak segera pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Sebelumnya, sebanyak 161 gardu distribusi dengan lebih dari 26 ribu pelanggan di Pacitan dan Trenggalek, Jawa Timur PLN terdampak gempa. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pemulihan infrastruktur kelistrikan terdampak, pukul 22.30 WIB, 100 persen atau 26 ribu pelanggan di Pacitan dan Trenggalek yang sebelumnya mengalami gangguan listrik akibat gempa telah kembali menyala. 

"Jaringan listrik sudah kembali normal setelah sebelumnya terdampak akibat gempa ini. Alhamdulillah telah dipulihkan dan pasokan listrik ke pelanggan kembali normal, dan berdasarkan hasil penelusuran lanjutan pagi ini, jaringan listrik kami pastikan aman tidak ada yang mengalami kerusakan" imbuhnya.