Jateng Fair 2023 Usung Tema Inspiring Batik

FAZ • Friday, 30 Jun 2023 - 05:27 WIB

Semarang - Pelaksanaan pesta akbar Jateng Fair 2023 di PRPP tinggal beberapa hari lagi.  Kali ini mengusung tema “Inspiring Batik”, berlatar belakang kondisi dimana beberapa daerah di Provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo ini dikenal dunia sebagai daerah penghasil kain batik terbaik, apalagi  Batik sejak tahun 2009 di tetapkan UNESCO sebagai wWarisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi, Sehingga menginspirasi Jateng Fair untuk di desain dengan nuansa beberapa motif batik yang tentunya menggambarkan harapan, kebaikan, keindahan dan keberagaman masyarakat yang nantinya akan ditampilkan melalui dekorasi gerbang utama berupa motif batik Kawung dan Sidomukti.

Terkait persiapan Jateng Fair 2023 di PRPP,  dari 375 stan, sebanyak 92 persen tenant   sudah mengisi di gelaran Jateng Fair 2023 di PRPP tersebut.

Untuk menunjang pelaksanaan Jateng Fair 2023, pihak PT. PRPP telah memperbaiki sarana dan prasarana di kawasan seluas 15 hektare itu, karena beberapa titik di kawasan PRPP Jateng memerlukan perbaikan, lantaran selama pandemi tidak digunakan untuk event-event besar. Dan dalam rangka Hari Jadi ke 78 tahun Provinsi Jateng maka akan terselenggara Jateng Fair 2023 dengan konsep pameran, hiburan dan rekreasi yang di dukung oleh para sponsor dan  media partner.

Dikatakan oleh Titah Listyorini bahwa banyak sekali konten pameran yang terselenggara ditambah dengan yang lebih spektakuler karena pentas spesial show-nya atau hiburannya setiap hari diisi artis dari lokal maupun nasional, dan istimewanya pada Jateng Fair kali ini akan diadakan pameran mobil setara pameran nasional “Grandmaerakaca Auto Show (GAS)” dari tanggal 30 Juni sampai dengan 6 Juli dilanjutkan di tgl. 8 Juli sampai dengan 16 Juli dengan Pameran Kerajinan Mebel berskala Internasional oleh HIMKI (Himpunan Pengusaha Mebel Indonesia) yang akan di laksanakan di Bale Agung Sindoro.

Jateng Fair 2023 ini bertepatan dengan momen liburan sekolah. Jadi kami memberi alternatif hiburan atau rekreasi untuk mengisi liburan sekolah anak-anak dan masyarakat," kata Titah Listiyorini. Sebagai ikhtiar, pihaknya menargetkan 300 ribu pengunjung akan mendatangi Jateng Fair 2023. Dan target tersebut realistis, tidak terlalu optimis juga tidak terlalu pesimis.

"Karena ini adalah event pertama kali setelah Pandemi Covid-19. Ini untuk mewujudkan bahwa masyarakat merindukan sebuah event pameran dan kegiatan hiburan lainnya, maka kita laksanakan," imbuhnya.

Pelaksanaan Jateng Fair ini seperti tahun-tahun sebelumnya mengadakan program Grand Prize untuk pengunjung yang datang dengan mengisi kupon undian untuk mendapatkan Hadiah utama berupa mobil dan motor. Dalam memberikan jaminan keamanan, setiap pembelian tiket masuk sudah termasuk asuransi di dalamnya.

Untuk meramaikan kegiatan tersebut, puluhan artis baik Nasional ataupun Lokal akan ikut meramaikan di antaranya  Kotak, Fourtwenty, TipeX, GAC, Soegibornean, Guyon Waton, Sera ft Jihan Audy, New Monata Shodiq CS, Adella, Rebellion, Aftershine&JonoJoni, Protelone Koplo.

Selama tujuh belas hari pelaksanaan Jateng Fair 2023 ini, pengunjung dapat hadir dan meramaikan kegiatan ini. Dengan harga tiket terjangkau sebesar Rp. 25.000 (Senin-Kamis) dan Rp.30.000 (Jumat-Minggu) atau Rp. 50.000 terusan (venue dan konser) melalui aplikasi dolandolin, yesplis, pospay dan blibli.com ataupun OTS, Jateng Fair diharapkan akan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan devisa negara disektor pariwisata dan promosi. Selain itu, kegiatan  yang kini digelar setahun sekali akan menjadi salah satu kalender event wisata tingkat Nasional.