Idul Adha, Wali Kota Surabaya Tekankan Sebagai Momentum untuk Berbagi

LAN • Thursday, 29 Jun 2023 - 13:41 WIB

Surabaya - Tak lama setelah shalat subuh usai, takbir terus berkumandang di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (29/6/2023). 

Warga Kota Surabaya pun terus berdatangan dari berbagai penjuru arah. Pasalnya, di Taman Surya Balai Kota Surabaya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar kembali Shalat Idul Adha 1444 hijriah

Wali Kota Eri mengatakan bahwa momentum Idul Adha ini adalah momen untuk berbagi, mengorbankan semuanya, terutama ketika menjalankan perintah Gusti Allah SWT. Selain itu, bagaimana berkorban dengan ikhlas untuk berbagi kepada sesama. 

"Jadi, sejatinya berkorban itu tidak harus sapi, tidak harus kambing. Tapi kita diajarkan untuk berkorban dan untuk bersedekah, jadi korban ayam ya tidak apa-apa karena di sinilah kita mengorbankan apa yang kita punya untuk bersedekah sesuai dengan kemampuan kita," kata Wali Kota Eri. 

Oleh karena itu, ia berharap dan berdoa semoga antar sesama bisa terus berbagi. Bahkan, ia juga berharap masyarakat Surabaya bisa terus berbagai, dan berbagi itu bukan hanya bagi yang mampu dan berbagi itu tidak selalu dengan harta benda. 

"Tapi berbagi ini bisa dengan tenaga kita masing-masing, jadi kalau ada yang mampu dengan tenaga ya dengan tenaga. Itulah yang diajarkan untuk kita selalu berbagi untuk menjaga hablumminannas," tegasnya. 

Usai menunaikan Sholat Ied, Walikota Eri memantau proses penyembelihan hewan di RPH dan beberapa masjid. Walikota juga meminta masyarakat untuk tidak membuang kotoran hewan qurban ke sungai.

"Saya minta warga tidak membuang kotorannya ke sungai. Sudah ada petugasnya. Mari kita jaga sungai di Surabaya" pungkas Walikota Eri.