Dilantik Jadi Advokat, Ini Pesan Petinggi LBH Dharma Putra Jayakarta

ANP • Thursday, 29 Jun 2023 - 13:03 WIB

JAKARTA - Advokat memiliki peranan yang penting dalam penegakan hukum di Indonesia, Sebagai seorang pengawal konstitusi dan hak asasi manusia dan memperjuangkan hak-hak asasi manusia dalam suatu negara hukum Indonesia, maka seorang advokat harus mampu bertindak secara logis, proporsional dan prefesional. 

Demikian disampaikan Adv. Yandri, S.H, selaku perwakilan dari LBH Dharma Putra Jayakarta dalam kesempatan ia memberi ucapan selamat kepada para rekan-rekannya yang telah dilantik pada Tanggal 27 Juni 2023 lalu.

Ia menjelaskan, telah dilaksanakan Pengambilan Sumpah Advokat di Pengadilan Tinggi Banten antara lain Adv. Yuriko Takanada, S.H, Adv. Budi Santoso Setiawan, S.T.,S.H dan Adv. Dian Daniel, S.T.,S.H. 

Mereka yang secara resmi dilantik, sambung Yandri, saat ini telah sah menjadi Advokat. "Dengan bertambahnya jumlah Advokat di Indonesia, saya sangat yakin bahwa amunisi kita dalam membrantas ketidak adilan menjadi semakin kuat karena disitulah peranan kita. Kita harus mampu mendudukan permasalahan sebagaimana mestinya, melihat dengan kacamata hukum secara logis dan seadilnya” ujar Adv. Yandri, S.H saat memberikan wejangan pada rekan- rekan Advokat yang baru dilantik hari ini.

Pada kesembatan yang sama, Dr. Dhian Tyas Untari, S.E.,S.H.,MM., MBA menjelaskan kalau saat ini perlu disadari bahwa permasalahan hukum dan bermasalah dengan hukum bukan hanya milik kaum berada.


“Perlu disadari bahwa permasalahan hukum dan bermasalah dengan hukum bukan hanya milik kaum berada, tapi sering juga bahkan dalam penangan kasus yang kami tangani di LBH Dharma Putra Jayakarta, seringkali malah bersentuhan dengan mereka yang secara ekonomi dan pendidikan masuk dalam kategori kalangan bawah, disinilah niat kita diuji sebagai Advokat, mampu tidak kita menerapkan prinsip persamaan di hadapan hukum dimana semua orang sama di hadapan hukum dan berhak atas perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi apapun, nah ini nanti menjadi Pekerjaan Rumah kita bersama dalam menegakkan keadilan di Indonesia”, ujar Dr. Dhian Tyas Untari, S.E.,S.H.,MM., MBA sembari menutup sesi wawancara siang ini.