PMI Gelar Jumbara IX untuk Berbagi Wawasan Global, Pengalaman dan Asah Keterampilan

LAN • Tuesday, 27 Jun 2023 - 18:47 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Jumpa-Bakti-Gembira atau Jumbara ke IX di Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung mulai 2 hingga 10 Juli 2023. Ajang jumpa lima tahunan ribuan Palang Merah Remaja (PMR) perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia ini digelar untuk meningkatkan keterampilan relawan muda PMI. 

Sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas relawan muda ini terangkum dalam 'Jumpa', yakni berbagi pengetahuan, sikap, keterampilan serta menjalin persahabatan. Kemudian 'Bakti' untuk penerapan pengetahuan sikap dan keterampilan di masyarakat. Kegiatan lainnya yakni ‘Gembira’ yakni kegiatan yang dilakukan dengan menumbuhkan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja. 

"Semua aktivitas tersebut dilakuan untuk membina relawan PMR menjadi relawan yang profesional dan memiliki empati dalam berbakti kepada masyarakat," kata, AM. Fachir, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Jumbara tahun ini akan diikuti 4.000 an relawan PMR perwakilan 34 provinsi. Sejumlah peserta tersebut terdiri dari PMR Mula (SD/sederajat), PMR Madya (SMP/Sederajat), dan PMR Utama (SMA/Sederajat). Selain itu, sejumlah negara sahabat juga hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan Timor Leste.

Jumbara merupakan salah satu wujud mandat PMI sesuai undang-undang nomor 1 tahun 2018, yakni pembinaan relawan. Dengan tema 'Cerdas, Kreatif, Berkarakter' diharapkan para peserta Jumbara 2023 dapat menjadi relawan yang profesional dan berwawasan global.

"Para peserta yang terlibat nanti adalah calon profesional dan pemimpin bangsa.

Jumbara adalah salah satu upaya PMI menyiapkan orang muda yang 'Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter," kata, Sasongko Tedjo Ketua Bidang Relawan PMI Pusat.