Catat! Begini Kriteria Safari Wukuf untuk Jemaah Haji yang Sakit dan Rawat Inap

LAN • Tuesday, 27 Jun 2023 - 15:40 WIB

Wukuf merupakan salah satu rangkaian haji dimana para jemaah berdiam diri di Arafah dalam keadaan ihram mulai dari waktu antara tergelincirnya matahari pada 9 Zulhijah sampai terbit fajar 10 Zulhijah. Pelaksanaannya ini termasuk bagian dari rukun haji sehingga tidak boleh dilewatkan.

Sementara itu, safari wukuf adalah rangkaian ibadah haji yang diselenggarakan oleh Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah untuk mengantarkan wukuf bagi jemaah yang sedang sakit dan rawat inap. Jemaah yang bisa dibawa ke Arafah dengan safari wukuf harus memenuhi beberapa kriteria tertentu sesuai dengan SK Kepala Pusat Kesehatan Haji Nomor HK.02.07/1/1988/2017 tentang Penetapan Kriteria Safari Wukuf Jemaah Haji Indonesia.

Berikut merupakan daftar kriterianya:

1. Kesadaran baik yang meliputi:

-Airway, breathing, circulation baik.

-Glasgow coma scale (GCS) = 15

-Kesadaran psychiatrist baik (3P - memuaskan, mempertahankan, dan mengalihkan perhatian).

-Kemampuan menilai realita baik (tidak ada halusinasi waham).

2. Hemodinamik (sirkulasi) stabil, mean arterial pressure (MAP) paling rendah 65 mmHg.

3. Saturasi oksigen lebih dari 89 dengan nasal kanula 2-3 liter per menit.

4. Transportable, yaitu saat pemindahan tidak memperberat kondisi fisik, berpotensi menimbulkan kecacatan, atau mengancam keselamatan jemaah haji yang sakit.

5. Tidak menular/tidak infeksius.

6. Penyakit tidak dalam periode akut.

7. Tidak dalam krisis hipertensi.

Sementara berdasarkan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 301 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Safari Wukuf, Badal Haji, dan Tarwiyah, jemaah haji yang akan di safari wukufkan meliputi:

-Pasien yang sakit dengan status rawat inap di KKHI Makkah.

-Jemaah haji yang sakit di masing-masing kloter dan risiko tinggi setelah dilakukan penilaian khusus oleh tim visitasi kesehatan KKHI Makkah. 

Dengan memenuhi kriteria tersebut, jemaah yang sakit akan disiapkan menuju Arafah dengan kendaraan yang telah dirancang sedemikian rupa serta didampingi oleh petugas kesehatan. (Atha)