Kapolri Resmikan Penggunaan Wisma Wira Satya, Hibah Alumni Akpol Angkatan 1996

LAN • Monday, 26 Jun 2023 - 21:18 WIB

Semarang - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meresmikan penggunaan Wisma Wira Satya di Kompleks Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Senin (26/6). 

Wisma ini dibangun para alumni Akpol 1996 yang tergabung dalam Yayasan Wira Satya, sesuai nama batalyon angkatan tersebut.

“Kami hibahkan ke Akpol. Nantinya bisa dimanfaatkan untuk antap (anggota tetap) Akpol maupun keluarga besar Akpol yang kemungkinan pada saat ini tidak memiliki tempat tinggal, bisa untuk sementara tinggal di sini,” kata Ketua Angkatan 1996 Batalyon Wira Satya, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto.

Wisma ini dibangun di atas tanah milik Akpol dengan luas sekitar 1.000 meter persegi. Dibangun 3 lantai, lantai 1 untuk lobi dan parkir, sementara lantai 2 dan 3 untuk kamar dengan jumlah total 30 kamar.  

Pembangunan wisma, kata dia, untuk mengenang ketika pendidikan taruna saat itu kondisi wismanya tidak layak. Sehingga Yayasan Wiras Satya berinisiatif untuk merenovasi, membangun ulang agar layak dan bisa ditempati keluarga besar Akpol.

“Semangatnya kami ingin kebersamaan, bahwa kami bisa seperti sekarang ini karena dulu kami di awal dididik di Akpol. Ibarat pepatah kacang nggak lupa kulitnya,” ujarnya didampingi Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy.

Yayasan Wira Satya ini juga melakukan beberapa kegiatan sosial lainnya. Di antaranya juga membangun Pondok Pesantren Darul Quran Wira Satya di Kalimantan Selatan yang akan diresmikan besok. Ponpes ini bisa untuk masyarakat termasuk yatim piatu yang ingin memperdalam ilmu agama.

Pada kegiatan peresmian Wisma Wira Satya, sejumlah alumni Akpol 1996 yang hadir di antaranya; Brigjen Pol Edison Isir yang merupakan peraih Adhi Makayasa, Brigjen Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri, serta Kombes Pol Basya Radyananda saat ini Kepala Biro Operasional Polda Jateng.

Saat ini Akpol angkatan 1996 tersebar di beberapa pos penting baik di Polri maupun luar struktur Polri. Beberapa bertugas di Densus 88 Antiteror Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN) hingga Badan Intelijen Negara (BIN). 

Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan ada slogan di angkatannya, yakni “Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama”.

“Slogan itu sebagai komitmen janji kami untuk bersama sebagai keluarga besar alumni Akpol angkatan Wira Satya baik saat berdinas maupun nantinya saat purna tugas bahagia bersama,” tambah Iqbal yang juga lulusan Akpol 1996 ini. (APb)