Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Ketua Media PSSI: Ada Enam Stadion yang Siap Digunakan!

LAN • Monday, 26 Jun 2023 - 16:50 WIB

Jakarta – Kamis (23/6/2023) malam, FIFA resmi mengumumkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya, FIFA telah menunjuk Peru untuk menggelar ajang tersebut. Akan tetapi, akibat belum bisa memenuhi persyaratan fasilitas penyelenggara kompetsi, maka Peru pun mundur dan digantikan Indonesia.

Ketua PSSI, Erick Thohir, menjelaskan tiga alasan utama penunjukkan ini. Pertama, tidak ada Israel di Piala Dunia U-17 2023. Kemudian, FIFA melihat blueprint termasuk 22 stadion yang direnovasi sebagai bukti nyata bahwa Indonesia siap melakukan standarisasi fasilitas yang ada. Terakhir, FIFA telah menilai keseriusan PSSI dalam membangun Timnas Indonesia melalui berbagai program di seluruh kelompok umur.

Dalam menyambut hal ini, Ketua Media PSSI, Eko Rahmawanto, turut menanggapi kesiapan Indonesia menggelar Piala Dunia U-17. Menurutnya, terdapat 6 stadion yang siap dipakai untuk menyelenggarakan ajang tersebut karena sebelumnya telah disiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20.

“Ada 6 stadion yang siap dipakai, kan kemarin sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 dan FIFA juga sudah mengecek seperti apa fasilitas dan infrastrukturnya,” jelas Eko kepada Radio MNC Trijaya dalam program Hot Topik Pagi, Senin (26/3/2023).

Enam stadion tersebut diantaranya, yaitu Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion I Wayan Dipta. Akan tetapi, menurut pihak PSSI, Stadion Gelora Bung Karno kemungkinan besar tidak bisa dipakai mengingat adanya konser Coldplay pada 15 November mendatang, sementara acara Piala Dunia U-17 dilaksanakan pada 10 November – 2 Desember. Sehingga opsi tambahan lainnya adalah Jakarta International Stadium (JIS).

“Seperti yang telah diungkap Pak Erick bahwa ada dua opsi utama yang akan dipakai, yaitu Bung Tomo dan JIS. Akan tetapi, kami masih belum dapat memastikan karena nanti yang memutuskan itu FIFA,” ungkap Eko.

Saat ini PSSI masih terus berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri lainnya berkaitan dengan ajang tersebut. Pun, menyiapkan berbagai hal seperti infrastruktur dan pemain timnas yang akan berlaga. (Atha)