HUT DKI Jakarta, BTN Jakarta Run 2023 Siap Digelar

ANP • Friday, 23 Jun 2023 - 22:21 WIB

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) bersama Pemprov DKI Jakarta akan menggelar ajang lari bergensi bertaraf internasional di Jakarta pada akhir tahun ini. Bank BTN akan menjadi pendukung tunggal pada kegiatan tersebut. 

Ajang lari internasional “BTN Jakarta Run 2023” merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT DKI Jakarta ke-496.

Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando mengaku, perseroan sangat bersyukur bisa berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menggelar ajang BTN Jakarta Run 2023. 

“Jakarta adalah milik kita karena kita bekerja dan ada di Jakarta sebagai ibukota kebanggaan bersama. Momen inilah yang mendasari mengapa BTN hadir dalam kegiatan marathon sebagai rangkaian acara HUT DKI Jakarta ke-496, disamping banyak penggemar olahraga lari baik dari dalam maupun luar negeri yang membutuhkan ruang dan sekarang Bersama Pemprov DKI kita siapkan sebagai BTN Jakarta Run 2023,” tegas Ramon di Jakarta, Jumat (23/6).

Ramon menambahkan dalam kegiatan tersebut Bank BTN juga mengajak UMKM lokal untuk ikut serta memasarkan produknya pada booth di area penyelenggaraan serta bersama-sama dengan Pemprov DKI mengangkat dan mempromosikan produk, kuliner dan budaya lokal, sehingga dapat memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi Provinsi DKI Jakarta. 

“Kami berharap ajang ini bisa meningkatkan citra positif Kota Jakarta termasuk bagaimana dengan event ini nama Bank BTN semakin dikenal oleh masyarakat Jakarta,” papar Ramon.

BTN Jakarta Run 2023 menurut rencana akan dipusatkan di sekitar areal Monas pada tanggal 12 November 2023 dengan target peserta sebanyak 15.000 pelari. Adapun kategori yang dilombakan adalah Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K dan 5K. 

“Kami optimistis ajang ini akan mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat khususnya para pelari. Apalagi kami juga telah sukses menggelar berbagai event lari seperti BTN Run yang pesertanya selalu membludak,” ujar Ramon.

Adapun hadiah total yang disiapkan dalam ajang BTN Jakarta Run 2023 adalah Rp2,5 miliar termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Masyarakat yang berminat mengikuti ajang ini, pendaftaran akan dibuka pada 29 Juni 2023. Masyarakat yang ingin mendaftar dan merupakan nasabah BTN dan memiliki aplikasi BTN Mobile akan mendapat diskon menarik. Dalam kegiatan ini seluruh transaksi pembelanjaan menggunakan alat pembayaran non tunai dari Bank BTN seperti QRIS BTN.

Plh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta Hendra Eka Permana mengatakan, sangat mendukung penyelenggaraan ajang BTN Jakarta Run 2023 yang sangat penting sebagai salah satu sarana mempromosikan olahraga dan kebersamaan di Ibu Kota. 

"BTN Jakarta Run 2023 adalah panggung di mana orang-orang dari berbagai latar belakang berkumpul untuk menghargai semangat olahraga dan kebersamaan. Acara ini akan menjadi kesempatan yang unik untuk memperlihatkan keindahan dan keunikan Jakarta,” katanya.

Sementara itu Race Director BTN Jakarta Run 2023 Satrio Guardian menjelaskan, BTN Jakarta Run 2023 akan menawarkan pengalaman lari yang menantang sekaligus memukau dengan rute yang melintasi pemandangan indah di Jakarta. 

“Peserta akan berlari mengikuti rute lari yg melewati jalur ikonik ibukota selayaknya event lari di mancanegara, dimana kami sebagai panitia akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti aturan dan ketentuan lari marathon internasional,” paparnya.