ITS Siapkan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

LAN • Friday, 23 Jun 2023 - 16:42 WIB

Surabaya - Dalam rangka mempersiapkan berdirinya Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan audiensi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto. Audiensi tersebut membahas mengenai kerja sama lebih lanjut dan lebih mendekatkan hubungan di antara keduanya.

Rektor ITS mengatakan bahwa kegiatan audiensi ini ditujukan untuk memperkokoh hubungan yang sebelumnya sudah terbentuk antara ITS dan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo. “Kami ingin menjalin silaturahmi khususnya dalam rangka pengembangan FKK ITS,” ungkapnya.

Lebih lanjut, rektor yang kerap disapa Ashari itu mengungkapkan keinginan ITS untuk berkontribusi di dunia kesehatan. Meskipun ITS selama ini identik dengan rumpun teknik dan teknologinya, tetapi Ashari menegaskan bahwa keinginan tersebut timbul setelah melihat fakta pada saat ini, di mana kedokteran dan teknologi tidak dapat terpisahkan. “Ke depannya, keterkaitan teknologi dan kedokteran akan sangat tinggi,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Direktur RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Sulaiman Rosyid mengatakan, pihaknya akan membantu ITS mewujudkan keinginannya tersebut. Sulaiman yakin dengan kemajuan teknologi yang dibawa oleh ITS akan sangat berdampak bagi dunia kesehatan. Sulaiman mengaku siap membantu dengan cara mengolaborasikan program yang dimiliki antara ITS dan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo.

Sulaiman juga berharap dengan audiensi ini, tercipta masukan-masukan yang dapat membuat RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo menjadi lebih berkembang, khususnya di sektor pendidikan. Ia mengungkapkan fokus rumah sakit yang dipimpinnya saat ini, direncanakan berada pada sektor pendidikan. “Kami sangat berharap masukan-masukan tersebut bisa membangun dan memperbaiki kualitas pendidikan yang berada pada rumah sakit ini,” ujar Sulaiman.

Sambutan senada juga diberikan oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Ia mengaku senang dengan adanya kerja sama yang dilakukan oleh ITS dan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo. Kerja sama ini akan membawa hal baik bagi Kota Mojokerto ke depannya. “Diharapkan dengan adanya kerja sama ini, sektor ekonomi dan kesehatan di Mojokerto akan menjadi lebih baik,” ucapnya penuh harap. 

Terakhir, Ashari menegaskan bahwa audiensi ini merupakan langkah awal kerja sama ITS dengan RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo sebagai rumah sakit pendidikan. Ashari berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pihak-pihak terlibat. Ke depannya, Ashari berharap kerja sama yang dilakukan akan membuahkan hasil baik tidak hanya pada sektor kesehatan, tetapi juga sektor lain seperti pendidikan dan perekonomian.