PSSI Resmi Bentuk Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia

LAN • Friday, 23 Jun 2023 - 16:22 WIB

Jakarta - PSSI resmi membentuk Yayasan Bakti Sepak Bola Indonesia (YBSBI), untuk menampung para mantan pemain Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan, terdapat 2 program yang nantinya akan dilakukan oleh yayasan.

"Kami di yayasan ingin buktikan PSSI hadir merawat dan membina. Di sini fungsi yayasan yang dibentuk saat ini ada dua program yang dibangun," kata Erick dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Erick mengungkapkan, lewat program-program tersebut, PSSI lewat YBSBI akan memastikan kesehatan para mantan pemain timnas Indonesia terjamin.

"Pertama, isu kesehatan. Kami akan buat program setelah pemain sudah tidak aktif agar kesehatan mereka terjamin," ungkap Erick.

Program berikutnya, YBSBI akan mengedukasi dan membimbing penataan karier para pemain muda, untuk menjamin masa depan pemain setelah usia mereka tidak produktif sebagai pesepak bola.

"Kedua, penataan karir saat dan sesudah. Ini yang dibicarakan saat ke Jepang, di sana ada program Post Atlet. Di sini kita paparkan nanti ke pemain muda U-16, U-17 dan lainnya bahwa rencana yayasan hadir untuk membimbing karier setelah usia senja. Kita juga akan paparkan ke pemain yang sudah pensiun," pungkas Erick. (Jessica)